Bebas dari Virus Corona, 238 WNI Akan Tiba di Jakarta pada Sabtu Sore

Oleh Liputan6com pada 14 Feb 2020, 14:25 WIB
Diperbarui 14 Feb 2020, 14:25 WIB
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi berpose bersama di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Hubei, China, Sabtu, (1/2/2020).

Liputan6.com, Jakarta Menurut rencana, pmerintah akan memulangkan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang kini tengah menjalani observasi di Natuna terkait virus corona. Semuanya akan dipulangkan dari Hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 15 Februari 2020 pukul 12.00.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Terawan Agus Putranto mengatakan, diperkirakan mereka akan sampai di Halim kurang lebih pukul 16.00.

“Kalau cuaca baik dan Tuhan mengizinkan mungkin sekitar jam 16.00 kurang lah sudah tiba di Jakarta,” kata Terawan di Jakarta pada Jumat (14/2) di Jakarta.

Ia menambahkan, “Kurangnya seberapa nanti dihitung sendiri.”

Sebelum para 238 WNI diberangkatkan menuju Jakarta, akan dilakukan upacara pelepasan terlebih dahulu yang turut dihadiri oleh Menkes RI. “Dan saya akan kesana ikut (besok pagi) menyiapkan dan melepaskan mereka,” ucap Terawan.

Acara pelepasan itu, kata Terawan, dilakukan agar para WNI menyadari bahwa masa observasi terkait virus corona yang telah dilakukan selama 2 pekan di Natuna telah berakhir.

2 dari 4 halaman

Kesehatan para WNI sebelum dipulangkan

Tiba Di Batam, WNI dari Wuhan Langsung Dibawa Menuju Natuna
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China keluar dari pesawat Batik Air di bandara internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (2/2/2020). Sebanyak 245 WNI di Wuhan akan dievakuasi ke Indonesia terkait merebaknya virus corona di kota tersebut. (AFP/Ricky Prakoso)

Hingga 14 Februari 2020, 238 WNI yang sedang melakukan sisa masa observasinya terkait virus corona di Natuna dinyatakan sehat oleh Menkes RI.

“Memang terbukti sampai detik ini mereka semua tetap sehat,” kata Terawan.

Sebelumnya, dikatakan oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Agus Suprapto, apabila sampai dengan pukul 12.00 seluruh WNI dalam keadaan sehat, akan langsung dipulangkan.

 

3 dari 4 halaman

Pemerintah telah menyiapkan semuanya

Menkes dan Dirut BPJS Kesehatan Rapat dengan DPR
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Rapat membahas polemik kenaikan iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sesampainya di Halim, mereka yang telah selesai melakukan masa observasi terkait virus corona akan langsung diberi tiket pulang ke daerah masing-masing.

“Mereka (238 WNI) nanti akan diatur oleh perwakilan dari pihak-pihak daerah untuk penjemputannya di Lanud Halim Perdanakusuma setelah tiba,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo.

Kemudian apabila ada yang ingin kembali pada hari itu juga, maka pemerintah akan menyiapkan tiket pesawat. Namun, apabila mereka akan pulang pada hari berikutnya, pemerintah juga akan memberikan bantuan biaya penginapan dan transportasi.

Diharapkan, para peserta observasi yang dari Wuhan ini tidak akan mengalami kesulitan dalam menuju kampung halamannya masing-masing.

Penulis : Vina Muthi A.

4 dari 4 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓