Sukses

Manfaat Pelukan dan Dekapan untuk Tumbuh Kembang Anak

Sering mendapat pelukan atau dekapan punya dampak positif bagi tumbuh kembang si Kecil. Simak sharing Mommy Siti Sondari dari Babyologist tentang manfaat pelukan untuk anak.

Liputan6.com, Jakarta Sering mendapat pelukan atau dekapan punya dampak positif bagi tumbuh kembang si Kecil. Simak sharing Mommy Siti Sondari dari Babyologist tentang manfaat pelukan untuk anak.

Sudahkah Moms memeluk dan mendekap si Kecil hari ini? Kadang di tengah hiruk pikuk kesibukan dan aktivitas setiap hari, Moms mungkin lupa untuk mendekap dan memeluk si Kecil. Namun, alangkah baiknya jika kita membiasakan mendekap dan memeluk si Kecil setiap hari ya Moms, karena dekapan dan pelukan hangat dari Moms untuk si Kecil berpengaruh besar loh terhadap tumbuh kembang dan masa depannya kelak.

Percaya gak Moms, dengan memeluk si Kecil banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Apa saja? ini dia beragam manfaatnya:

1. Mengoptimalkan perkembangan IQ dan EQ Si Kecil

Kecerdasan Intelektual yang dimiliki si Kecil memang merupakan bawaan lahir. Namun, kita tetap harus mengasahnya. Ibarat pisau yang sudah tajam namun karena tidak pernah dipakai pasti lama-lama akan tumpul juga. Begitu pun dengan Kecerdasan Intelektual si Kecil yang tetap harus kita stimulasikan, misalnya dengan berlatih berhitung, membaca atau bereksperimen di rumah. Namun pasti rasa malas akan datang mewarnai perjalanan Moms dalam menstimulasi kecerdasan intelektual si Kecil. Pada masa itu, Moms memiliki senjata terampuh sebagai wujud memberikan dukungan semangat pada si Kecil, yakni lewat sebuah dekapan hangat setiap saat. Lewat dekapan hangat yang Moms berikan pada si Kecil, pasti ia akan lebih semangat lagi dalam belajar, Moms. Tak hanya itu, dekapan hangat dari Moms selama 20 detik mampu menciptakan hormon oksitoksin alias hormon cinta yang terbukti mampu membuat si Kecil lebih cerdas.

Sedangkan Kecerdasan Emosional si Kecil yang bukan merupakan bawaan lahir pastilah harus kita asah. Perkembangan kecerdasan emosional si Kecil dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor luar, salah satunya faktor lingkungan yang dapat mendukung kecerdasan emosional si Kecil lebih terarah. Karenanya Moms, kita harus menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk si Kecil. Kita pun sedari dini harus mengajarkan rasa kasih sayang pada si Kecil. Agar kelak ia dapat memiliki rasa empati terhadap sesama. Senjata paling ampuh untuk mengajarkan si Kecil rasa kasih sayang dan empati itu adalah lewat pelukan hangat penuh kasih sayang. Lewat pelukan hangat Moms, si Kecil akan merasa aman dan nyaman. Di kala si Kecil merasa sedih, selalu ada pelukan hangat dari Moms yang akan menjadi pelipur laranya. Hingga ia mulai terbiasa saat ia mengalami kegagalan atau kekalahan. Mental kuat seperti inilah yang tentu kita harapkan ada pada diri si Kecil ya Moms. Ia pun akan lebih mengerti dan mampu memaknai rasa kasih sayang dan lebih peduli terhadap sesama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Tahan Tubuh dan Empati Lebih Kuat

2. Daya Tahan Tubuh Si Kecil Lebih Kuat

Dekapan hangat dan pelukan penuh cinta yang Moms berikan dapat memicu pelepasan hormon oksitoksin alias hormon cinta, dan hal ini sangat baik untuk si Kecil karena dapat menstimulasi tumbuh kembang si Kecil dengan lebih baik bahkan membuatnya memiliki daya tahan tubuh si Kecil akan menjadi lebih kuat. Hal tersebut karena si Kecil bisa terhindar dari stres dan rasa cemas yang belum dapat ia kelola dengan baik. Dengan pelukan hangat dari Moms, si Kecil akan terhindar dari stres dan rasa cemas itu, hormon oksitosin yang dilepaskan ke dalam aliran darah pun akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil tersayang.

3. Menumbuhkan Rasa Empati Sejak Dini

Tak hanya dua manfaat di atas saja Moms, memeluk si Kecil secara rutin pun akan membuat si Kecil tumbuh menjadi anak yang penyayang. Karena, setiap hari Moms melakukan transfer energi positif kepada si Kecil lewat dekapan dan pelukan itu. Hingga si Kecil dewasa nanti ia akan lebih berempati kepada orang lain dan menjadi sosok yang penyayang.

Begitu ajaibnya manfaat memeluk si Kecil secara rutin ya Moms. Karenanya, yuk kita biasakan memeluk si Kecil setiap hari. Dengan hal sederhana itu, kita bisa berjuang bersama dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, sehat dan memiliki rasa empati yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.