Makanan yang Baik untuk Mengatasi Sakit Perut

Oleh Liputan6com pada 07 Feb 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 07 Feb 2020, 15:00 WIB
Jahe

Liputan6.com, Jakarta Sakit perut dapat menyerang karena berbagai alasan, seperti dari makanan yang terkontaminasi hingga penyakit kronis.

Mungkin saja sulit untuk mengetahui apa yang harus dimakan untuk mengatasi perut yang terasa sakit. Namun, dilansir dari Time pada Rabu (5/2/2020), ada beberapa makanan yang mampu mengatasi sakit perut.

Jahe dan kunyit

Secara ilmiah, jahe dan kunyit adalah makanan yang baik untuk mengatasi sakit perut.

"Jahe dan juga kunyit tampaknya anti-inflamasi," kata profesor penyakit pencernaan di University of California, Los Angeles, Dr. Erman Mayer.

Jahe dan kunyit, keduanya merupakan jenis akar dan mungkin telah mengembangkan sifat antibakteri khusus untuk menahan kontaminasi dari mikroorganisme di tanah.

Coba untuk meminum air yang telah dicampur dengan jahe.

Anda tidak akan mau makan ketika sakit perut karena dalam pergolakan muntah, tetapi minum air adalah ide yang baik, menurut ahli gastroenterologi di Mayo Clinic, Dr. Joseph Murray.

"Karena Anda mengeluarkan vitamin dan nutrisi penting setiap kali muntah, penting untuk mengisi kembali elektrolit tubuh, yaitu garam , kalium, dan glukosa," kata Murray.

Bisa mencoba meminum jus tomat karena teksturnya yang encer dan asin, jadi cukup baik diminum saat sakit perut.

Murray juga menjelaskan, "Setelah Anda berhenti muntah dan perut terasa lebih baik, Anda merasa ingin makan, tetapi jangan makan dengan porsi yang besar.".

2 dari 3 halaman

Makan makanan yang lembut

Manfaat pisang untuk kecantikan
Buah pisang. (Foto: iStockphoto)

Penelitian dari Hershey Medical Center di Penn State University, merekomendasikan untuk memakan pisang, nasi putih, saus apel, dan roti panggang.

Makanan seperti itu adalah pilihan yang baik karena semakin perut Anda yang sedang sakit harus bekerja untuk mencerna sesuatu makanan yang keras, semakin juga perut akan menolak

Ada banyak makanan yang harus dihindari saat sakit perut.

"Lewati makanan olahan susu karena perut yang sakit kemungkinan memiliki masalah dalam mencerna dan menyerap laktosa," kata Murray.

Bahkan pada hari-hari setelah pulih, Anda akan mengalami intoleransi laktosa sementara.

Maka dikatakan oleh ahli gastroenterologi dan profesor kedokteran di Universitas Tufts, Dr. Joel Mason, lewati juga makanan berlemak tinggi (seperti kacang-kacangan, minyak, dan alpukat), hidangan pedas, kopi dan alkohol, dan semuanya yang dapat memperburuk proses pemulihan dalam perut.

Penulis : Vina Muthi A.

3 dari 3 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓