Sukses

Cek, 6 Tips Ini Dapat Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Anda dapat melakukan tips di bawah ini untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Kanker payudara merupakan kondisi di mana sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Jenis kanker ini terbentuk di kelenjar yang menghasilkan air susu hingga ke puting payudara.

Semakin bertambahnya pasien kanker payudara, pastinya wanita semakin khawatir dan bertanya-tanya apakah ada langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah jenis kanker ini? Anda dapat memperhatikan tips di bawah ini untuk mengurangi risiko kanker payudara.

1. Berhenti Merokok

Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa adanya hubungan antara merokok dan risiko kanker payudara, terutama pada wanita premenopause. Hal ini seperti yang dilansir dari Mayo Clinic.

2. Batasi Mengonsumsi Alkohol

Semakin banyak alkohol yang Anda konsumsi, semakin besar juga risiko terkena kanker payudara. Berdasarkan penelitian mengenai efek alkohol pada risiko terkenanya kanker payudara, Anda dapat membatasi diri untuk mengurangi dalam jumlah yang kecil konsumsi alkohol.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kontrol Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara, terutama setelah Anda menopause atau pascamenopause.

4. Hindari Paparan Radiasi dan Pencemaran Lingkungan

Metode pencitraan medis, seperti tomografi terkomputerisasi yang menggunakan radiasi dosis tinggi dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kanker payudara dan paparan kumulatif terhadap radiasi selama hidup Anda. Sebaiknya kurangi eksposur Anda dengan melakukan tes seperti itu hanya jika benar-benar diperlukan.

3 dari 3 halaman

5. Berolahraga

Ketika berolahraga, Anda dapat menjaga detak jantung di atas permukaan dasar minimal dua puluh menit secara terus-menerus. Dengan melakukan olahraga rutin, tubuh akan berkeringat dan menjaga detak jantung Anda serta mengurangi risiko kanker. Hal ini seperti yang dilansir dari Health.

6. Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri Setiap Bulan

Pastikan untuk mendapatkan instruksi yang tepat dari dokter secara teratur. Anda bisa saja menemukan benjolan sebelum melakukan pemeriksaan payudara dengan sinar-X. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan perubahan pada tubuh sendiri.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.