Sukses

Simak 6 Tips Bahas Seks Seru dengan Pasangan

Perbincangan terbuka tanpa perlu merahasiakan apapun sangat penting bagi kehidupan pernikahan dan kepuasan seksual. Penelitian menemukan pasangan dengan komunikasi baik memiliki kepuasan seksual lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Banyak para ahli yang percaya pasangan menikah akhir-akhir ini sering mengalami stres karena masalah seks dan keuangan. Faktanya, topik seks selalu merajai forum diskusi online.

Hal tersebut karena kebanyakan orang merasa lebih nyaman curhat ke orang asing dibandingkan ke suami atau istri. Padahal, ada berbagai cara agar Anda dapat dengan nyaman berbucara terbuka dengan suami atau istri Anda.

Perbincangan terbuka tanpa perlu merahasiakan apapun sangat penting bagi kehidupan pernikahan dan kepuasan seksual. Penelitian menemukan pasangan dengan komunikasi baik memiliki kepuasan seksual lebih tinggi.

Kapan waktu terbaik membahas seks?

Jangan bicarakan madalah seksual di dalam kamar ataupun di waktu tidur. Jangan juga membahas masalah seksual tepat setelah bercinta.

Pilih tempat yang netral dan pastikan jauh dari pendengaran anak-anak. Jangan membuat perandaian. Jelaskan pada pasangan Anda apa masalahnya dengan jelas (tanpa bersikap menyalahkan).

Tips bahas masalah seksual

Ada beberapa langkah agar perbincangan Anda dan pasangan berjalan mulus.

1. Awali dengan perlahan-lahan

Buka pembicaraan dengan tujuan membuat Anda dan pasangan merasa dekat dan terkoneksi. Hindari ungkapan menyalahkan, kritik dan sebagainya.

2. Fokus pada keintiman

Ada berbagai cara untuk membangun keintiman hubungan dan merasa saling terhubung saat berbincang. Jadi, pastikan menyelipkan ungkapan kasih sayang ke pasangan.

3. Lewati kejutan

Sebaiknya Anda tidak mengeluarkan uang untuk membeli mainan seks tanpa membahasnya terlebih dulu dengan pasangan. Kalian berada di perahu yang sama, jadi jangan sungkan untuk membahas hal tersebut dengan pasangan sebelum memberinya kejutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Ekspresikan dirimu

Saling membahas ekspektasi, ketakutan, hasrat, keinginan, kekhawatiran dengan jujur akan membawa Anda dan pasangan semakin saling memahami. Semakin kalian merasa nyaman satu sama lain, kehidupan seksual kalian akan semakin memuaskan.

5. Sering berbincang

Buat pembahasan kalian tidak terjadi hanya sekali dimana perbincangan kalian memakan waktu lama. Percakapan yang berkelanjutan adalah hal wajar dalam suatu hubungan. Peneliti menemukan pasangan yang sering berbincang tentang seks memiliki kepuasan berhubungan yang sangat tinggi.

6. Pahami gaya seks masing-masing

Jelajahi semua tipe bercinta dengan suami atau istri Anda dan kenali mana yang membuat perasaan Anda baik. Adapun gaya yang dimaksud yaitu sebagai berikut, dilansir dari Verywellmind.

- Spiritual: gabungan dari pikiran, tubuh dan jiwa yang mencerminkan apresiasi bersama pasangan. Hal ini seperti membuat kenangan kecil namun mampu diingat seumur hidup.

- Lucu: gaya ini jika Anda dan pasangan dapat tertawa dan saling menggoda di ranjang. Yang penting kalian bersenang-senang.

- Marah: gaya ini bercinta ketika kalian saling marah. Gaya ini dapat menyembuhkan. Tapi pastikan kalian membahas permasalahan kalian dan menyelesaikannya.

- Kuat: gaya ini jahat dan genit. Saling memberi pandangan menggoda atau melakukan kilat.

- Otot: gaya ini romantis dan menyembuhkan karena termasuk di dalamnya pijatan, sentuhan ringan dan saling melayani. Kalian penyuka sensasi seks dan fokus pada kepuasan pasangan.

- Fantasi: gayabini campuran dari kepedulian dan sedikit eksperimen. Hanya hati-hati saat membicarakan fantasi Anda ke pasangan. Pastikan kalian memiliki panduan dan menghormati batasan pasangan.

Ada pepatah "pasangan terbaik itu diciptakan, bukan dilahirkan". Jadi jika Anda ingin kehidupan seksual Anda dengan istri atau suami tetap berjalan mulus, sering-seringlah berkomunikasi. Komunikasi sangat penting, tidak hanya bagi pasangan muda, tapi juga bagi yang telah hidup bersama berpuluh-puluh tahun lamanya. Inilah yang membuat kehidupan pernikahan lebih spesial daripada pacaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.