Sukses

Berat Badan Melonjak Lagi Setelah Diet, Ini yang Seharusnya Anda Lakukan

Beberapa minggu atau bulan setelah melakukan diet, tidak sedikit yang berat badannya melonjak lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam diet, seseorang akan mengalami weight lost (penurunan berat badan), plateu (tidak bisa turun lagi), regain weight (berat badan kembali turun). 

Menurut Dokter Umum Amanda Dianky yang juga Medical Scienctific PT Kalbe Farma Tbk, kondisi plateu merupakan sesuatu yang pasti tidak bisa dihindari, karena semua orang pasti akan mengalaminya.

"Saya sampaikan kepada teman-teman (yang berhasil menurunkan berat badan dengan diet), bergembiralah, tapi nanti ketika sudah menemui titik ini (pleteu), don't be panic, dan usahan jangan masuk ke fase yang ini," kata Amanda di acara diskusi kesehatan Bersama Sehatkan Bangsa di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Berbicara tentang tiga hal tersebut, menurut Amanda ada hubungannya dengan tinggi badan seseorang, yang secara genetik merupakan keturunan.

"Ada orang yang lebih tinggi dari rata-rata, ada orang yang tingginya rata-rata, ada yang lebih pendek dari rata-rata. Itu yang terjadi pada berat badan kita," jelasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Secara fisiologis terjadi dalam tubuh

Berat badan memiliki memori tersendiri dalam memberi tahu bahwa "ini angka yang aku suka", dan begitu berat badan turun, akan ada penolakan dalam tubuh.

"Dan apakah setting point bisa diubah? Menurut hasil penelitian bisa," kata Amanda. Untuk waktunya, berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang cepat, ada yang bertahun-tahun, atau bahkan ada yang lebih lama lagi.

Jika seseorang yang setelah diet mengalami penurunan berat badan, dan tidak lama mengalami plateu (berat badan yang stuck, tidak bisa turun lagi), dan kemudian berat badan kembali naik, kebanyakan orang mengaku pada dokter gizi klinis bahwa mereka tidak serajin dulu, banyak cheating, atau melabolismenya melambat.

Padahal, bukan seperti itu. "Sebetulnya enggak kayak gitu. Jangan teman-teman terus menyalahkan diri sendiri kalau terjadi plateu, karena sebetulnya secara fisiologis itu ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuh," ujar Amanda. 

Pada orang diet, enzim leptin (yang memberi kode ke otak jika sudah kenyang) yang dihasilkan akan lebih sedikit dari orang normal. Rasa ingin makan akan semakin tinggi, dan begitu makan tidak puas. 

"Jadi kalau udah makan, akan ingin makan lagi. Itu karena homon dan enggak bisa kita lawan atau hindari," jelas Amanda.

 

Penulis: Lorenza Ferary

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.