6 Penyebab Jerawat Tak Kunjung Sembuh

Oleh Liputan6.com pada 04 Feb 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 04 Feb 2020, 12:00 WIB
Ingin Jerawat Cepat Hilang? Minum Teh Herbal Ini
Perbesar
Tak hanya dapat diobati dari luar saja, ternyata jerawat juga dapat diobati dari dalam dengan rajin minum teh spearmint. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu jenis peradangan pada kulit, seperti di wajah dan punggung yang sering kali dipermasalahkan oleh sebagian besar orang. Dengan alasan tidak enak dipandang, sebagian orang berlomba-lomba untuk menyembuhkan dan menghilangkannya.

Biasanya jerawat muncul karena perubahan hormon seseorang. Namun, tak menutup faktor lain yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah ataupun punggung.

Anda dapat memperhatikan penyebab jerawat di bawah ini yang mungkin tak disadari dapat memperlambat penyembuhan jerawat tersebut:

1. Jadwal Perjalanan 

Menurut World Health Organization (WHO), perubahan lingkungan dapat memicu timbulnya jerawat. Seperti halnya ketika Anda menggunakan jasa penerbangan, kelembapan di kabin pesawat biasanya kurang dari 20%, sedangkan kelembapan di rumah biasanya lebih dari 30%, kelembapan yang rendah inilah dapat menyebabkan kulit seseorang menghasilkan lebih banyak minyak sebagai upaya rehidrasi.

Tentunya, hal tersebut bukan satu-satunya penyebab munculnya jerawat. Dokter kulit di New York City, Amerika Serikat, Debra Jaliman, MD, mengatakan bahwa tidak cukup tidur juga dapat menyebabkan hormon terganggu sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Bersandar pada kursi yang kotor juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di punggung Anda. Hal ini seperti yang dilansir dari Health.

2. Pasta Gigi 

Dokter kulit di New York City, Amerika Serikat, Joshua Zeichner mengatakan bahwa pasta gigi berfluoride dapat menyebabkan ruam, seperti jerawat di sekitar mulut yang disebut dermatitis perioral. Oleh karena itu, Anda dapat memastikan bahwa pasta gigi yang digunakan tidak dapat menimbulkan jerawat pada mulut Anda.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan juga video menarik berikut:


3. Sarung Bantal Anda Kotor

Saat Anda tidur pada siang ataupun malam hari, selama berjam-jam pipi Anda bersentuhan dengan bantal yang dilapisi debu, sel kulit mati, minyak, kotoran, dan bakteri. "Ketika tidur Anda berkeringat, terdapat peningkatan keringat dan bakteri pada sarung bantal Anda," kata Jaliman. Malam berikutnya, ketika Anda tidur, penumpukan kotoran dan minyak ini akan berpindah dari bantal ke kulit Anda sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

4. Rutinitas Setelah Berolahraga

Ketika berolahraga, Anda dapat mengeluarkan keringat yang banyak. Sebenarnya keringat itu sendiri tidak menyebabkan jerawat, tetapi mereka dapat menyumbat kotoran dan minyak pada kulit sehingga membuat Anda berjerawat. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan kulit setelah berolahraga.


5. Bakteri di Ponsel Anda

Ponsel sering terpapar permukaan yang dipenuhi bakteri. Dengan menyentuhkannya ke pipi dan dagu Anda, ponsel dapat memindahkan kotoran tersebut ke wajah Anda. Hal ini yang menjadi salah satu faktor jerawat tak kunjung sembuh.

6. Mengonsumsi Makanan yang Salah

Menurut ahli kosmetik kulit, Jeanine Downie, MD, tomat dan paprika merupakan bahan umum dalam makanan pedas yang mengandung likopen asam, iritasi yang agak umum yang dapat membuang tingkat pH kulit dan memicu timbulnya jerawat di sekitar mulut. Bukan hanya makanan pedas, beberapa orang mengalami jerawat ketika mereka mengonsumsi produk susu, gluten, atau jenis makanan lainnya. Penjelasan ini seperti yang dilansir dari Cosmopolitan.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya