Sukses

Ketahui 6 Penyebab Ketakutan yang Terus Menghantui Kehidupan

Rasa takut adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Namun, Anda harus mengetahui penyebabnya dan lakukan sesuatu untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya mempunyai ketakutan masing-masing dalam menjalani kehidupan. Bisa saja ketakutan tersebut menjadi besar dan mengambil alih seluruh kehidupan Anda.

Ketakutan akan menjadi sesuatu yang terus mengintai hingga Anda merasa tak ada upaya untuk melawannya. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan ketakutan Anda terus muncul. Berikut ini adalah penyebab-penyebab ketakutan seseorang yang seringkali datang dalam kehidupan:

1. Rasa Takut Akan Penolakan

Banyak orang yang menghindar untuk masuk ke suatu hubungan atau lingkungan yang baru karena takut ditolak. Bahkan seseorang yang sudah menikah pun memiliki ketakutan seperti itu.

Dalam kehidupan sehari-hari, bisa saja ketakutan ini sering muncul, seperti Anda takut atasan menolak permintaan kenaikan gaji bahkan takut tak ada seseorang yang tertarik kepada Anda. Pastinya, ketakutan ini jangan dibiarkan berlarut begitu saja. Anda harus melakukan penolakan untuk mengatasi ketakutan tersebut. Hal ini seperti yang dilansir dari Lifehack.

2. Rasa Takut Akan Kegagalan

Jika Anda termasuk seseorang yang seperti ini, pastinya Anda tak akan mencoba sesuatu yang baru, kecuali yakin bahwa Anda bisa menang. Pada dasarnya, kegagalan merupakan bagian normal dari kehidupan. Oleh sebab itu, Anda harus belajar untuk menerimanya dan berusaha untuk menemukan kesuksesan Anda karena sebenarnya kegagalanlah yang dapat membantu Anda untuk sukses.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rasa takut Akan Ketidakpastian

Rasa takut akan ketidakpastian sering menghalangi Anda untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Hal ini dapat mencegah untuk mencoba hal-hal yang baru atau melakukan hal-hal berbeda dari cara Anda biasanya. Jangan biarkan ketakutan akan ketidakpastian ini menghambat Anda.

4. Rasa Takut Akan Kesepian

Kadang-kadang orang takut akan hidup sendirian bahkan rela untuk berada di dalam hubungan yang buruk. Sangat penting untuk mencari orang-orang sehat serta berinterkasi sosial yang sehat dalam kehidupan Anda.

3 dari 3 halaman

5. Rasa Takut Dihakimi

Sebagian orang merasa khawatir bahwa mereka akan dinilai negatif oleh orang lain. Seseorang yang merasa ketakutan ini sering membesar-besarkan bagaimana orang lain memandang mereka dan meremehkan kemampuan mereka.

6. Rasa takut Akan Ketidakmampuan

Ketakutan lainnya yang dimiliki oleh sebagian besar orang adalah perasaan tidak cukup baik. Ketakutan ini sulit untuk dihadapi secara langsung. Anda tak akan pernah berhasil untuk mengatasinya sampai merasa bahwa Anda telah berada di kesuksesan yang sesuai dengan keinginan. Penjelasan ini sesuai dengan lansiran dari Psychology Today.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.