Sukses

Tanda-Tanda Penuaan Lebih Cepat Melebihi Usia Sebenarnya

Studi telah membuktikan bahwa tubuh bisa lebih cepat menua dibandingkan usia.

Liputan6.com, Jakarta Studi telah membuktikan bahwa tubuh bisa menunjukkan penuaan lebih cepat dibandingkan usia. Salah satu contohnya yaitu ketika Anda memiliki keriput dibandingkan teman sebaya Anda.

Berikut rangkuman 15 jenis penuaan tubuh mendahului usia seseorang, dilansir dari ReadersDigest.

1. Rambut rontok tak hanya di kepala

Bindiya Gandhi, MD, seorang ahli pengobatan fungsional dan terintergratif di Decatur, GA mengatakan kebotakan di beberapa tempat - tak hanya di kepala - menandakan bahwa tubuh Anda menua lebih cepat dibandingkan yang Anda pikirkan. Rambut beruban juga menandakan penuaan prematur (terlalu dini).

2. Tidak mampu mengangkat beban seberat 14 kilogram

"Kekuatan otot berhubungan langsung dengan usia, dimana seiring bertambahnya usia Anda akan kehilangan massa otot sehingga membuat Anda melemah," ujar Barry Sears, PhD, penulis buku serial Zone Diet sekaligus pemimpin Inflammation Research Foundation di Peabody, MA.

Namun, Anda tidak perlu kecewa, karena hal ini dapat diatasi dengan kembali melatih kekuatan otot, misalnya latihan angkat beban atau latihan yang melibatkan kekuatan fisik.

3. Sering muncul lebam

Adam Friedman, MD, Profesor Dermatologi dan pimpinan sementara George Washington School of Medicine and Health Science di Washington, DC. mengatakan tubuh yang menua akan lebih sering muncul lebam dan sangat lama hilangnya.

“Satu tanda penuaan yaitu solar purpura. Suatu kondisi dimana area kulit yang terekspos mtahari mengakibatkan kerusakan kronis pada struktur pembuluh darah. Bahkan benturan sekecil apapun akan membuatnya ruptur (robek) dan kulit yang rusak akibat paparan matahari tidak membantu melindungi pembuluh darah," ujarnya. Hasilnya, lebam lebih mudah dibuat ketimbang menghilangkannya.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Keriput Anda lebih banyak daripada teman sebaya Anda

Anthony Youn, MD, ahli bedah plastik di Troy, MI dan penulis bermacam-macam botoks termasuk The Age Fix: A Leading Plastic Surgeon Reveals How To Really Look Ten Years Younger, mengatakan keriput memang menandakan seseorang menua. Keriput dapat dipengaruhi faktor genetik, tapi faktor yangvpaling berperan yaitu pilihan gaya hidup.

“Pola makan Anda dapat mempengaruhi kecepatan penuaan Anda. Ada beberapa studi yang telah membuktikan bahwa pola makan yang kaya akan anti-oksidan (seperti buah-buahan dan sayuran) menghasilkan kulit yang lebih sehat dan mencegah keriput. Sedangkan pola makan berlemak, makanan instan dan makanan manis mempercepat keriput", ujarnya.

5. Berhenti hang-out dengan teman

Depresi tidak meningkat seiring bertambahnya usia, namun bisa datang ketika penuaan dirasakan lebih cepat, ujar Karol Ward, LCSW, pekerja sosial di New York City. Beberapa sampai merasa tidak mampu mengikuti yang lain dan memilih tidak lagi ikut berkumpul. Ward menyarankan Anda berterus-terang akan kondisi Anda agar tidak merasa terisolasi dan menjadi depresi.

6. Berhenti ngemil dari toples karena kesulitan membukanya

Penurunan kekuatan genggaman mungkin berhubungan dengan kehilangan kebebasan dan kematian dini, ujar Maria Cole, seorang ahli terapi di Rumah Sakit Spaulding Rehabilitation, Framingham, MA. Satu studi menemukan kemungkinan kematian akibat apapun hingga 16 persen bagi seseorang dengan penurunan kemampuan menggenggam dibandingkan peserta yang masih memiliki kekuatan menggenggam dengan baik saat diteliti.

Tentu masih diperlukan penelitian lebih lanjut, terlebih karena kita tahu seiring bertambahnya usia, kekuatan otot juga melemah. Namun entah bagaimana beberapa orang kehilangan lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Cole menyarankan melatih kekuatan genggaman dengan terapi genggam bola karet atau langsung berkonsultasi ke ahli terapi.

7. Celana mengetat di area pinggang dan melonggar di kaki

Penulis buku, Sears, mengatakan kenaikan berat badan merupakan tanda umum penuaan, sehingga Anda pun kesulitan menemukan celana yang pas. Abaikan dulu masalah celana, karena kenaikan berat badan juga mengindikasi masalah kesehatan lainnya termasuj gejala metabolisme dan artritis (radang sendi).

Menurut European Heart Journal, wanita yang memiliki tumpukan lemak di batang tubuh hampir dua kali lipat berisiko berpenyakit jantung dibandingkan wanita yang memiliki banyak lemak di area kaki. Untungnya, dengan sedikit diet dan latihan rutin, tubuh Anda akan kembali ideal.

8. Kulit lebih kering

Kulit akan lebih kering ketika menua. Selain itu, penyebab kulit kering termasuk terlalu sering mencuci dan tidak menggunakan pelembut, lingkungan yang dingin dan rendah kelembabannya serta paparan panas radiasi, ujar dr. Friedman.

Kulit kering parah juga berhubungan dengan masalah kesehatan, seperti hipotiroid dan diabetes. Jika keduanya tidak terkontrol akan memperburuk kulit kering dan mempercepat penuaan.

9. Tidur seperti bayi

Insomnia dan masalah tidur lainnya menandakan penuaan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kadar kortisol (hormon stres). Sue Decotiis, MD, spesialis pengobatan anti-aging dan regeneratif di NYC, mengatakan kortisol meningkat seiring bertambahnya usia, namun kebanyakan karena faktor stres.

Hal tersebut menandakan pentingnya mengontrol stres, karena kadar kortisol yang terlalu tinggi tidak hanya mempercepat penuaan, tapi juga menaikkan berat badan dan berdampak penyakit kronis.

 

3 dari 3 halaman

10. Wajah tampak tirus dan turun

Kulit wajah mengendur, bibir menipis dan dahi menonjol biasa terjadi ketika tubuh menua. Namun ada beberapa faktor pemicunya juga, yaitu merokok, gizi buruk, kesehatan jantung yang buruk, serta kehilangan berat badan terlalu banyak membuat Anda nampak lebih tua dibandingkan usia Anda, ujar dr. Decotiis . Untuk mengatasinya, dr. Devotiis menyarankan Anda harus memperbaiki pola hidup sehat dan mempertahankan berat tubuh sehat.

11. Orang menebak usia Anda lebih tua dari kenyataannya

Ketika orang menebak usia Anda, mereka biasanya melihat usia biologis Anda. Jadi Anda bisa tampak berusia lebih tua atau lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya, ujar Steven Austad, PhD, pimpinan University of Alabama di Birmingham Department of Biology.

12. Setiap orang menyuruh Anda cepat

Austad mengatakan kecepatan berjalan merupakan indikator bagaimana otot kaki bekerja dan saraf yang mengontrol kecepatan menandakan penuaan. Ia menyarankan rutin berjalan kaki dan beraktivitas.

13. Banyak noda hitam di wajah

Joshua D. Zuckerman, MD, ahli bedah plastik bersertifikat di Zuckerman Plastic Surgery di NYC, mengatakan Anda mengalami penuaan ketika muncul keriput, noda hitam/kecoklatan dan kulit kusam lebih daripada teman sebaya Anda. Ia menyarankan segera gunakan sunscreen setiap kali Anda pergi keluar agar terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari langsung.

14. Menaiki tangga seperti mendaki gunung

Laura Lapolla, ahli terapi fisik di Spaulding Outpatient Center, Framingham, mengatakan menurunnya massa otot sebanding dengan menurunnya kekuatan tubuh mengangkat dirinya. Sehingga menaiki tangga terasa sangat berat. Ia menyarankan latihan rutin dan kurangi lama waktu duduk.

15. Menstruasi sangat acak

Bagi wanita, frekuensi menstruasi dapat menandakan awal penuaan. Dr. Gandhi mengatakan hormon yang tidak teratur sangat memerlukan perhatian lebih, karena perubahan hormon dapat meningkatkan berat badan, menurunkan massa otot, mengganggu tidur, mempercepat penuaan, risiko penyakit jantung, osteoporosis dan diabetes.

Intinya, banyak bergerak akan membantu menunda tanda-tanda penuaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.