Sukses

Cegah Penularan Virus Corona, Perkuat Imunitas Tubuh!

Stimuno, Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) Yang Sudah Teruji Klinis!

Liputan6.com, Jakarta Korban yang berjatuhan akibat terjangkitnya virus Corona di Wuhan, China, terus bertambah. Tidak ada vaksin maupun obat untuk mengobati dan mencegah penyakit akibat virus ini. Namun demikian, ibu sebagai kunci utama dalam memberikan perlindungan daya tahan tubuh keluarga, sebaiknya mencegah dengan menjaga dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Sebanyak 131 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4.474 orang terinfeksi virus Corona hingga 28 Januari 2020. Dari jumlah korban yang terinfeksi, sebagian besar didominasi oleh pria dan dilaporkan oleh South China Morning Post, bayi berumur 9 bulan positif terinfeksi virus Corona. Hal ini menandakan bahwa virus Corona dapat menyerang segala usia. Terhadap kondisi ini, pemerintah telah meningkatkan kesiagaan akibat terjangkitnya virus yang dilaporkan telah masuk ke negara tetangga Malaysia, selain 19 negara lainnya.

Menteri Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) memberikan tanggapan terhadap wabah virus Corona yang terjadi. Beliau memberikan beberapa tips untuk menghindari terjangkit dari virus corona. Salah satunya, selalu menjaga daya tahan tubuh.

Menurut Menkes, kuncinya tetap terus berdoa dan jaga imunitas tubuh. Kalau imunitas tubuh baik tidak mungkin tertular virus. “Namanya virus itu cari orang yang imunitas tubuhnya lemah,” ujar Menkes Terawan seperti dikutip dalam Kompas.com, (27/1/2020). Selain itu, kata Menkes Terawan, tetap berpikiran positif juga menjadi kunci untuk menjaga kekebalan tubuh.

Menurut dr. Ratna Kumalasari, Medical & Scientific Information Manager Industri Farmasi menegaskan bahwa semua virus Corona termasuk virus Corona 2019-nCoV belum ada obatnya. Namun demikian, masyarakat dapat melakukan langkah-langkah antisipasi, yaitu melalui 2 lapis perlindungan: pertama, menggunakan masker seperti yang sudah banyak digaungkan. Kedua, yang lebih penting lagi adalah menjaga sistem imun tubuh tetap prima. Saat sistem ketahanan tubuh (immune system) kuat, virus tidak mudah masuk ke tubuh kita, hanya saat kondisi tubuh lemah, kita mudah terinfeksi virus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimalkan Imun Tubuh, Cara Preventif Tangkal Virus Corona

Imun tubuh penting untuk menangkal serangan kuman penyakit. “Manusia tidak akan mungkin menghindar untuk menghirup udara yang mengandung virus dan kuman-kuman yang bertebaran di udara. Sehingga hal yang paling diperlukan adalah memperkuat imun tubuh untuk mencegah masuknya kuman penyakit, termasuk virus Corona,” ujarnya.

dr. Ratna mengemukakan, apabila ibu memerlukan perlindungan yang lebih optimal bagi keluarga, vitamin saja tidak cukup. Menurutnya, vitamin yang kita minum memang memenuhi kebutuhan dosis vitamin dan menjaga stamina harian, tapi tidak dengan imunitas atau daya tahan tubuh. 

Dr. Raymond Tjandrawinata selaku Molecular Pharmacologist Dexa Group mengatakan, untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan baik, maka penting menerima asupan untuk imun tubuh berupa imunomodulator. Dexa Medica sebagai salah satu perusahaan farmasi Nasional di Indonesia memproduksi Stimuno yang berfungsi sebagai imunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sakit, dan mempercepat proses penyembuhan. Stimuno saat ini sudah dipasarkan ke manca negara, bahkan Stimuno pernah mendapatkan penghargaan Primaniyarta karena telah go international.

Stimuno yang merupakan Obat Modern Asli Indonesia atau OMAI merupakan produk obat berbahan baku alam Indonesia yang ditemukan oleh ilmuwan Indonesia. Penciptaan OMAI ini merupakan salah satu upaya Dexa Group untuk melakukan substitusi bahan baku farmasi impor, sekaligus mendorong pecepatan kemandirian bahan baku farmasi seperti yang telah diinstruksikan Presiden Joko Widodo dalam Inpres 6 Tahun 2016. Beberapa OMAI yang sudah dipasarkan di antaranya HerbaKof, HerbaCold, Inlacin, Redacid, Asimor, Disolf, dan lain-lain.

Lebih lanjut Dr. Raymond menjelaskan Stimuno merupakan OMAI yang terbuat dari ekstrak tanaman meniran (Phyllanthus niruri) yang diproduksi secara organik. Selain itu, Stimuno sudah bersertifikat BPOM Fitofarmaka yang telah teruji klinis baik khasiat maupun keamanannya.

Stimuno bekerja membantu merangsang tubuh memproduksi lebih banyak antibodi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal. Dengan cara kerja ini, Stimuno sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi orang yang sedang sakit maupun mengantisipasi terjangkitnya wabah penyakit,” kata Dr. Raymond.

Bukti klinis terhadap khasiat Stimuno, pernah diujikan pada penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Dalam pengujian ini, penggunaan ekstrak tanaman Phyllanthus niruri pada pasien anak-anak dengan ISPA memberikan indikasi positif dapat mempercepat penurunan demam.

Prof. Dr. Sidik, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran Bandung, menanggapi positif terkait penggunaan Stimuno sebagai asupan preventif untuk menangkal virus Corona. Menurutnya, Stimuno berbahan herbal asli Indonesia sangat direkomendasikan bagi masyarakat karena telah teruji klinis.

“Stimuno sangat baik digunakan untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh yang menjadi kunci pencegahan dari serangan beragam kuman penyakit. Apalagi didukung oleh bahan baku alami dari meniran, sehingga minim efek samping. Saya mengikuti pengujian klinis Stimuno sejak awal, di mana produk ini telah melalui uji klinis di lebih dari satu rumah sakit. Stimuno menjadi satu-satunya produk untuk daya tahan tubuh yang mendapatkan sertifikat Fitofarmaka, sehingga dapat dipercaya,” jelas Prof. Dr. Sidik.

Sebagai imunomodulator, Stimuno dapat dikonsumsi bagi siapa saja. Saat tubuh sehat, agar daya tahan tubuh tetap terjaga, Stimuno dapat dikonsumsi 1 kali sehari setelah makan. Saat tubuh sakit, Stimuno dapat membantu proses penyembuhan dengan dosis 3 kali sehari.

Jadi bagi para ibu, mulai sekarang sediakan Stimuno di rumah. Stimuno yang dapat bekerja langsung memperkuat imun tubuh, mencegah sakit, dan mempercepat proses penyembuhan, dapat dibeli dengan mudah, baik di toko online terpercaya GoApotik.com, tokopedia, dan juga shopee. Stimuno berbahan baku meniran tersedia untuk dewasa yakni Stimuno Forte dan Stimuno Syrup yang bisa dikonsumsi untuk anak-anak. Tidak hanya di sejumlah apotek online seperti GoApotik, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Stimuno juga tersedia di apotek terdekat rumah Anda, toko obat, Alfamart, K24, Century, Guardian, Viva Generik, dan apotek Kimia Farma.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.