Sukses

6 Tips yang Dapat Dilakukan Saat Bangun Tidur untuk Mengatasi Kecemasan

Bukannya rasa segar yang didapatkan setelah bangun tidur, melainkan rasa cemas. Anda dapat melakukan enam tips sederhana di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Rasa cemas bisa datang kapan saja, bahkan ketika Anda baru saja hendak memulai aktivitas pada pagi hari. Tentu saja, kecemasan pada pagi hari ini akan membuat rencana keseharian Anda berantakan.

Bisa saja Anda telah mengalaminya, tetapi tak mengetahuinya. Oleh karena itu, Anda dapat memperhatikan tips di bawah ini untuk mengatasi rasa kecemasan yang datang tak mengingat waktu, seperti setelah bangun tidur:

1. Jangan Menyentuh Telepon Genggam Anda

Ketika Anda menyentuhnya, telepon genggam yang memiliki radiasi dapat melemahkan otak Anda saat pagi hari. Oleh karena itu, biarkan telepon genggam Anda berada di posisinya. Hal ini juga berlaku sebelum tidur pada malam hari. Penjelasan ini sesuai dengan lansiran dari Huffpost.

2. Ubah Kembali Kecemasan Anda dengan Mengakuinya

"Mengetahui bahwa Anda cemas, kemudian meresponsnya dengan mengatakan hal yang memotivasi serta beritikad untuk menyingkirkan rasa cemas tersebut dapat memiliki efek yang mengintensifkan emosi dan menjaganya," kata psikolog di The Family Institute di Northwestern University, Amerika Serikat, Mark W. Driscoll.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Berikan Waktu Untuk Diri Sendiri

Memiliki waktu untuk diri sendiri agar dapat melakukan kegiatan yang menguntungkan otak Anda, seperti membaca koran dan bermeditasi. Hal itu dapat membuat Anda merasa tak terburu-buru saat mempersiapkan diri Anda untuk hari itu.

4. Menghirup Napas

Bernapas adalah salah satu alat yang ampuh untuk mengurangi kegelisahan karena pernapasan membutuhkan respons relaksasi tubuh. Anda dapat mencoba menghirup napas dengan hitungan yang lambat sehingga menemukan kelegaan.

3 dari 3 halaman

5. Berpikiran Positif

Jika mengalami kecemasan setelah bagun tidur, bisa saja Anda telah mengembangkan pola pikir yang negatif. Anda dapat mengubah pemikiran negatif dengan mengembangkan pernyataan yang positif mengenai diri sendiri. Jika hal ini tidak berhasil, Anda dapat melakukan terapi perilaku kognitif untuk menangani gangguan kecemasan. Hal ini seperti yang dilansir dari Very Well Mind.

6. Kebiasaan Tidur Anda

Faktanya, masalah tidur, seperti kesulitan tidur, dapat menyebabkan berbagai keluhan psikologi dan fisik. Anda dapat tidur di waktu yang sama pada malam hari dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Selain itu, Anda dapat mematikan lampu sebelum tidur dan hindari aktivitas, seperti menonton televisi dan minum kafein.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.