Sukses

HUT Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Warga Bandung Bisa Nikmati Layanan Kesehatan Gigi Gratis

PB PDGI (Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia) mengadakan bakti sosial bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Sambut HUT ke-70, Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengadakan bakti sosial bagi masyarakat. Semua layanan baksos diberikan secara cuma-cuma, baik pemeriksaan maupun perawatan gigi. Warga Bandung bisa langsung datang ke Trans Studio Mall hari ini, Minggu (26/1/2020). Rangkaian kegiatan akan dimulai pukul 8.30 hingga 11.00.

Layanan kesehatan gigi yang bisa dinikmati masyarakat antara lain, pembersihan karang gigi (scaling), penambalan gigi, dan pencabutan gigi oleh sekitar 500 dokter gigi yang terlibat. Dengan 10 unit mobil pelayanan kesehatan gigi, diperkirakan 1.000 orang warga akan terlayani. Bakti sosial gigi dan mulut ini adalah yang pertama kali diselenggarakan dengan jumlah mobil sebanyak itu.

Bakti sosial ini berupaya menjadi salah satu gerakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. Karena kenyataannya, Riset Kesehatan Dasar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2018 menunjukkan data bahwa 57,6 persen masyarakat Indonesia punya masalah gigi dan mulut. 

Selain melaksanakan baksos, PDGI juga mengajak dokter gigi se-Indonesia yang berjumlah sekitar 36 ribu untuk melakukan layanan serupa.

"Kami juga mengimbau seluruh dokter gigi untuk memberikan satu kali pelayanan cuma-cuma kepada pasien, didokumentasikan dan diunggah di media sosial," ungkap Ketua PDGI cabang Kota Bandung drg. Sri Mulyanti, MKes selaku tuan rumah, mengutip rilis yang diterima Health-Liputan6.com

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Bandung

Terpilihnya kota Bandung sebagai tuan rumah memang memiliki makna bersejarah.

"70 tahun yang lalu PDGI didirikan pada tanggal 22 Januari di Hotel Savoy Homan Bandung. Jadi Bandung sangat bersejarah bagi dokter gigi. Tahun ini kami kembali ke Bandung untuk mengenang sejarah, sekaligus menatap masa depan dengan tantangan dan peluang yang harus mampu dihadapi oleh PDGI," jelas Ketua Umum PB PDGI Dr. drg. RM Hananto Seno, SpBM(K), MM, FICD.

Sebelum bakti sosial dimulai, kegiatan diawali dengan fun walk pada pukul 06.00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.