Sukses

6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Imlek

Pastinya saat merayakan Imlek, Anda tak menginginkan mengalami masalah kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tips sederhana di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru Cina, Imlek, erat kaitannya dengan momen berkumpul bersama keluarga, teman, dan orang-orang terdekat lainnya. Pastinya Anda, yang merayakannya, tak ingin melewatkan momen ini.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan kondisi tubuh yang fit menjelang atau saat Imlek. Anda dapat melakukan hal sederhana di bawah ini agar ibadah dan momen berkumpul bersama orang terdekat tetap berjalan dengan baik:

1. Rayakan dengan Mengonsumsi Makanan yang Sehat Saat Imlek

Anda dapat memasak makanan khas Imlek yang lezat dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi nasi hitam yang ditumis dengan jamur shitake. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi jahe dan bawang putih mentah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini seperti dilansir dari Health Essentials.

2. Mencoba Melakukan Akupuntur Untuk Mengelola Rasa Sakit dan Stres

Penelitian menunjukkan akupuntur bisa menjadi alat manajemen stres. Dengan menggunakan sistem saraf parasimpatis Anda, akupuntur dapat memicu respons relaksasi. Selain itu, akupuntur juga dapat membantu Anda menghilangkan stres dan kecemasan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Meningkatkan Kesadaran Tubuh dengan Pengobatan Tradisional Tiongkok

Tai chi dan qi gong merupakan latihan kuno khas Tiongkok yang menggabungkan gerakan dengan kerja napas. Berlatih secara teratur dapat membantu Anda menghubungkan tubuh dan pikiran.

Tai chi adalah bentuk olahraga yang lambat dan lancar yang sangat bagus untuk keseimbangan, kekuatan, dan stamina karena membutuhkan konsentrasi. Oleh karena itu, Tai chi baik untuk pikiran Anda. Sedangkan qi gong merupakan praktik meditasi yang dapat dilakukan sambil duduk. Qi gong dapat menjaga kesehatan mental, mengelola stres, dan dapat menjernihkan mental.

4. Pastikan Anda Tetap Terhidrasi Saat Imlek

Tak diragukan lagi bahwa air memiliki khasiat yang banyak. Sebelum Anda pergi ke acara apa pun saat Imlek, pastikan minum segelas air terlebih dahulu.

Menurut ahli diet di Mount Elizabeth Hosital, Singapura, Lee Yee Hong, air juga merupakan pilihan minuman yang ideal ketika Anda merasa haus karena mengandung nol kalori dan dapat menjaga berat badan Anda tetap terjaga. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Health Plus.

3 dari 3 halaman

5. Tidur yang Cukup Saat Imlek

Bermain mahjong dan permainan kartu lainnya hingga dini hari bisa saja menjadi ritual Imlek Anda, tetapi masalah dengan jangka waktu tidur dapat menyebabkan pilihan makanan yang buruk dan membatalkan rencana penurunan berat badan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memanfaatkan kesempatan untuk tidur saat siang hari.

6. Batasi Porsi Makan Anda

Tentunya, saat tahun baru makanan selalu tersedia di ruang makan Anda. Namun, Anda tak boleh goyah demi menjaga kesehatan tubuh saat Imlek. Anda dapat mengalihkan pikiran Anda untuk mencoba berbagai makanan dengan berinteraksi bersama orang-orang terdekat Anda. Ketika Anda mulai merasa lapar, pastikan untuk membatasi porsi makan Anda menjadi lebih sedikit.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.