Sukses

Cek, Tanaman Herbal Terbaik untuk Cegah Peradangan

Untuk melawan peradangan, Anda dapat mengonsumsi tanaman herbal, seperti kunyit. Berikut ini merupakan asupan makanan yang baik anti-inflamasi.

Liputan6.com, Jakarta Inflamasi atau peradangan merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi diri Anda dari radikal bebas malah menyerang tubuh Anda. Hal ini merupakan respons sehat tubuh terhadap penyakit.

Peradangan bisa menjadi kronis dan menyebabkan masalah kesehatan yang besar, seperti autoimun bahkan kanker. Oleh karena itu, sebagian orang yang memiliki kondisi peradangan kronis dapat mencoba pola makan yang rendah gula. Berikut ini adalah asupan yang baik untuk melawan peradangan tersebut:

1. Paprika

Paprika, terutama yang merah, memiliki antioksidan yang tinggi dan rendah pati. Mirip dengan paprika yang memiliki cita rasa pedas, paprika manis juga mengandung senyawa kimia capsaicin, yang dapat membantu Anda mengurangi peradangan bahkan peradangan yang menimbulkan rasa sakit. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Health.

2. Buah Pir

Anda dapat mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, seperti buah pir. Mengonsumsi buah pir merupakan cara yang alami untuk melawan inflamasi atau peradangan. Makanan yang kaya akan serat berkontribusi pada microbiome yang sehat dan meningkatkan rasa kenyang serta membantu Anda menurunkan beran badan.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ikan Kembung

Dengan kandungan lemak yang tinggi, ikan kembung dapat membantu Anda melawan penyakit yang ditandai dengan peradangan, seperti penyakit jantung dan alzheimer. Ikan ini merupakan sumber vitamin B12 dan vitamin D yang penting untuk menjaga tulang tetap kuat dan fungsi sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh lebih mudah untuk menyerap kalsium.

4. Bayam

Tak diragukan lagi, bayam memang memiliki khasiat yang banyak. Bayam merupakan sumber vitamin E yang baik sehingga dapat membantu Anda melindungi tubuh dari molekul penyebab peradangan yang disebut sitokin.

3 dari 3 halaman

5. Teh Hitam

Bisa jadi popularitas teh hitam tidak seperti teh hijau. Namun, khasiat teh hitam benar-benar luar biasa. Dengan mengonsumsi teh hitam, Anda dapat menjaga arteri agar tetap terbuka.

Teh hitam juga mengandung antioksidan yang diketahui dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hitam dapat menurunkan risiko kanker ovarium.

6. Herbal dan Rempah-Rempah

Kunyit memiliki zat kuat yang disebut curcumin. Curcumin ini merupakan kandungan bahan aktif memiliki efek anti-inflamasi dan juga merupakan antioksidan yang kuat. Selain itu, bawang putih juga dapat membatasi kemampuan tubuh Anda untuk memicu peningkatan peradangan. Hal ini seperti yang dilansir dari WebMD.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.