Sukses

Telan Belut untuk Sembuhkan Sembelit, Pria Tiongkok Berakhir di Ruang Operasi

Pria ini percaya sebuah mitos yang menyatakan bahwa menelan belut bisa menyembuhkan sembelit

Liputan6.com, Jakarta Demi menyembuhkan sembelit, seorang pria di Nanjing, Tiongkok nekat menelan dua belut hidup-hidup. Bukannya membaik, dia malah berakhir di ruang operasi.

Pria yang tidak disebutkan namanya ini percaya sebuah mitos bahwa menelan belut bisa menyembuhkan sembelit. Namun, dia malah mengalami sakit perut dan harus dilarikan ke rumah sakit pada 9 Januari lalu.

Dokter Sun Haijian, yang merawat pria ini di Jiangsu Provincial Hospital of Traditional Chinese Medicine mengatakan, belut ini membuat perutnya terisi dengan kotoran, air, dan darah.

"Dia mulai mengalami sakit perut yang parah segera setelah itu, tetapi dia menunggu sampai hari berikutnya untuk mencari pertolongan medis," kata Haijian seperti dikutip dari The Sun pada Senin (20/1/2020).

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perut Berisi Kotoran, Air, dan Darah

Pria yang diketahui sebagai pekerja konstruksi ini lalu dioperasi. Pemeriksaan menunjukkan masih ada seekor belut yang hidup dan membuat perutnya mengalami kondisi yang telah disebutkan sebelumnya.

"Perutnya baik-baik saja, tetapi karena ususnya jauh lebih tipis dan lebih rapuh, belut berhasil menggigit dan menggeliat keluar," kata Haijian.

"Kami membukanya dan melihat sejumlah besar air feses bercampur darah," kata Haijian seperti dikutip dari Fox News. "Terjadi pembengkakan hebat dan kami menemukan dua belut rawa yang sangat tebal di dasar rongga perutnya."

Lewat pembedahan, dua hewan itu dikeluarkan. Haijian mengungkapkan, setidaknya ada lubang 2 sentimeter pada usus besar pria ini akibat hewan tersebut. Selain itu, usus kecilnya juga harus segera diperbaiki.

Haijian mengatakan bahwa pasien ini cukup beruntung, apabila tidak segera diobati, kondisi ini bisa memicu infeksi serius yang mengancam nyawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • Belut