Sukses

Kepala Nyaris Botak, Ayanna Pressley Didiagnosis Alopecia

Seorang anggota kongres Amerika Serikat, Ayanna Pressley menceritakan kepada masyarakat tentang Alopecia yang ia idap.

Liputan6.com, Jakarta Dalam wawancara The Root, Massachusetts bersama Rep. Ayanna Pressley menceritakan tentang hidupnya dengan Alopecia dan mengungkapkan bahwa ia sekarang botak. 

Dilansir dari Time pada Jumat (17/1/2020), Pressley (45) mengatakan bahwa ia memutuskan untuk menceritakan ke masyarakat tentang rambutnya yang rontok.

"Untuk terbebas dari rahasia dan rasa malu dalam rahasiaku itu," kata Ayanna.

Ayanna mengatakan bahwa ia pertama kali melihat rambutnya rontok saat ia mengeritingkan rambutnya. Ia menggambarkan setiap hari melakukan semua cara untuk menahan rambutnya agar tidak rontok, seperti membungkus rambutnya, menggunakan topi, dan tidur di atas bantal sutra.

"Aku tidak ingin tidur karena saya tidak ingin di pagi harinya melepaskan penutup kepala ini dan melihat banyak rambut rontok di wastafel. Juga ketika berkaca aku semakin merasa seperti orang asing," ceritanya.

Ia menceritakan bahwa saat kejadian itu ia menjadi merasa lebih emosional. Namun, dengan segera ia menyadari bahwa dia akan menceritakan ke masyarakat tentang pengalaman Alopecia. Ia melakukan kemajuan setiap harinya untuk lebih percaya diri dengan kondisinya saat ini.

"Ini tentang penerimaan diri. Saya merasa itu bukan diri saya yang sebenarnya yaitu ketika memakai rambut palsu," cerita Ayanna kepada The Root.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa itu Alopecia?

Dilansir dari Health, Alopecia adalah istilah untuk rambut rontok, memiliki berbagai penyebab dan bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Dokter kulit dapat membantu mengidentifikasi mengapa seseorang kehilangan rambut dan memberikan perawatan yang tepat bagi penderitanya. Kenali tipe-tipe Alopecia berikut ini:

  • Androgenic Alopecia

Tipe ini dijelaskan sebagai pola kebotakan yang dialami pria atau wanita. Ini adalah bentuk Alopecia yang paling umum dan turun temurun.

  • Telogen Effluvium

Tipe ini rambut rontok yang secara tiba-tiba terkait dengan trauma atau kejutan dalam tubuh. Ini bisa menyerang wanita setelah melahirkan, tetapi pertumbuhan rambut biasanya dapat kembali normal.

  • Anagen Effluvium

Rambut rontok ini dikaitkan dengan kemoterapi. Setelah obat dihentikan, rambut biasanya akan tumbuh kembali.

  • Alopecia Areata

Dengan rambut rontok yang tidak rata ini, sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut.

  • Alopecia Totalis and Alopecia Universalis

Alopecia Totalis adalah kondisi dimana rambut rontok di kepala, dan Alopecia Universalis adalah rambut rontok di area tubuh, termasuk bulu mata dan rambut hidung. Akar penyebabnya adalah serangan sistem kekebalan tubuh.

  • Scarring Alopecias

Dengan tipe Alopecia yang langka ini, jaringan parut menggantikan folikel rambut sehingga rambut tidak bisa tumbuh kembali. Penyebabnya masih belum jelas.

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.