Kondisi Langka, Remaja Ini Mendadak Lumpuh Tiap Tertawa

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 17 Jan 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 17 Jan 2020, 06:00 WIB
[Bintang] Bahagia Sekaligus Sedih, Ini Momen yang Akan Kamu Rasakan Saat Pulang Kampung
Perbesar
Ilustrasi tertawa (Ilustrasi: iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta Billie Hodgson memiliki sebuah kondisi langka. Setiap kali dia tertawa, tubuhnya mendadak lumpuh.

Remaja asal Inggris ini didiagnosis dengan cataplexy. Gangguan neurologis ini membuat kelumpuhan otot yang tidak bisa dikendalikan ketika seseorang mengalami emosi yang kuat seperti tertawa atau menangis.

"Itu seperti Anda tidak bisa mengendalikan tubuh Anda," kata gadis 17 tahun ini seperti dikutip dari New York Post pada Jumat (17/1/2020).

Billie ingat kondisi langka tersebut dimulai ketika dirinya berusia 14. Saat itu, dia tiba-tiba tidak bisa berdiri ketika tertawa bersama seorang teman di sekolah.

Kondisi ini memang tidak bisa disembuhkan. Namun, mereka yang mengidapnya harus minum obat setiap hari untuk mengelola gejalanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memupus Mimpi

Bahagia - stres (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi tertawa (iStockphoto)

Sayang, kondisi ini membuat Billie tidak bisa melakukan banyak hal yang seharusnya bisa ia lakukan di masa remajanya.mengemudikan kendaraan. Lalu, ia juga mesti memupus mimpinya untuk menjadi seorang bidan karena tidak bisa mengendalikan gerakan tangannya.

"Ini menghentikan saya dari melakukan apa yang benar-benar ingin saya lakukan dan sekarang saya tidak tahu apa yang harus dilamar di universitas," ujarnya.

Di sisi lain, Billie juga mencoba beradaptasi dengan kondisinya. Dia harus menahan untuk tidak bercanda di depan teman-temannya. Meski terkadang canggung, dia juga harus menjelaskan kondisinya.

"Saya harus memperjelasnya," kata remaja yang tinggal bersama ibu dan saudarinya itu.

Billie juga ingin meningkatkan kesadaran pada orang lain terhadap gangguan semacam ini.

"Saya ingin menunjukkan cataplexy tidak seperti apa yang dipikirkan orang secara stereotip, itu dapat memiliki dampak besar pada kehidupan seseorang," ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya