Sukses

Orang Dewasa Takut Gelap, Normalkah?

Tidak hanya anak kecil yang takut akan gelap, tetapi orang dewasa juga masih ada yang merasa takut akan gelap.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang beranggapan bahwa tidak ada alasan untuk orang dewasa takut gelap. Itu semua hanya merupakan ketakutan di masa kecil.

Seperti yang dilansir dari laman Glamour, ternyata takut dalam kegelapan yang dialami oleh orang dewasa adalah hal normal. 

"Diperkirakan ada 11 persen penduduk Amerika Serikat yang takut akan kegelapan dan itu sangat umum," kata psikolog klinis di Chicago, John Mayer.

Alicia Clark, PsyD, psikolog klinis di Washington D.C. turut mengatakan bahwa ketakutan itu berasal dari kondisi yang logis. Kegelapan mengganggu pandangan seseorang, hal ini pada dasarnya membuat tidak nyaman.

"Mereka tidak takut dengan kegelapan, tetapi takut dengan apa yang tidak bisa dilihat dalam kegelapan," tambahnya.

Dalam kondisi gelap seseorang tentu tidak bisa melihat apa saja yang ada di sekitarnya. Kondisi semacam itu yang kemudian membuat seseorang merasa tidak aman.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Manfaatnya

Tidak perlu takut dalam kegelapan, menurut Clark kondisi tersebut justru dapat memotivasi seseorang untuk melindungi diri.

"Berjalan melewati gang yang gelap di malam hari harus membuat kita merasa tidak nyaman, sehingga itu mempertajam keterampilan untuk melindungi diri," kata Clark.

Jika takut dalam gelap, Anda bisa menggunakan lampu otomatis yang juga bisa mengendalikan cahaya lampu.

Apabila itu tetap tidak berhasil dan berpikir ketakutan itu sebuah fobia, coba untuk bicarakan lebih lanjut kepada terapis. Namun, jika itu dirasa tidak terlalu parah tetap tenang karena tidak sendirian yang merasakan hal tersebut.

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.