Baterai Tertelan Sebabkan Luka Bakar di Kerongkongan Balita Tiongkok

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 16 Jan 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 16 Jan 2020, 14:51 WIB
Ilustrasi balita (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Seorang balita di Tiongkok menelan sebuah baterai yang tersangkut di tenggorokannya. Kejadian itu membuatnya mengalami luka bakar.

Dilaporkan AsiaWire, saudara anak ini sempat melihat bocah satu tahun itu menelan baterai sebuah remote control. Dia lalu berusaha membantu mengeluarkan benda itu dari balita ini.

Dilansir dari Fox News pada Selasa (14/1/2020), kerabat dari bocah ini sempat melihat baterai lain yang ada di lantai. Dia mengira bahwa anak itu sudah mengeluarkannya.

Anak ini dibawa ke rumah sakit. Dokter menemukan bahwa baterai berbentuk bulat tersebut ternyata masih tersangkut di tenggorokan bocah ini dan belum keluar dari tubuhnya.

2 dari 3 halaman

Ditarik Keluar

Dokter Chen Cheng dari Foshan Shunde Women and Children Health Care Hospital mengatakan bahwa mereka melakukan gastroskopi untuk menarik baterai itu keluar.

Namun, anak ini harus mengalami luka bakar di bagian kerongkongannya. Dokter pun melakukan perawatan pada balita ini. "Dia hanya akan bisa makan dengan normal begitu kerongkongannya sudah sembuh dengan sepenuhnya," kata Cheng kepada media setempat.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa anak ini akan mendapatkan asupan nutrisi dengan bantuan selama selama beberapa bulan ke depan.

Kejadian ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Maka dari itu, orangtua diminta untuk menyimpan peralatan seperti baterai dalam tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika tertelan, kondisi tersebut bisa menimbulkan risiko yang lebih besar tergantung dari seberapa besar tegangan dari benda itu.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓