Sukses

3 Cara Sterilisasi Peralatan Makan dan Menyusui Bayi

Penting sterilisasi peralatan makan dan menyusui bayi.

Liputan6.com, Jakarta Sterilisasi peralatan makan dan menyusui bayi perlu dilakukan orangtua. Cara ini setidaknya dimulai enam bulan pertama. Apalagi buat ibu pekerja yang menggunakan alat pompa ASI.

Setelah enam bulan pertama, orangtua memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Peralatan makan anak, seperti piring dan sendok pun haruslah di sterilisasi. Untuk memastikan anak selalu sehat, sterilisasi dapat dilakukan hingga anak berusia 12 bulan.

"Semua peralatan yang bersentuhan langsung dengan ASI atau dimasukkan ke mulut bayi, misal pompa ASI, kantong ASI perah, dan peralatan makan bayi harus bersih dan terbebas dari berbagai macam kuman dan bakteri,” ujar dokter spesialis anak Melanie Yudiana Iskandar sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (13/1/2020).

Melanie menambahkan, bila orangtua tidak memerhatikan kebersihan peralatan makan dan menyusui, infeksi bisa saja didera bayi. Bayi akan terpapar bakteri sehingga rentan sakit, terlebih lagi sistem kekebalan tubuh masih berkembang.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merebus dan Uap

Ada cara mensterilisasi peralatan makan dan menyusui bayi, yang bisa diikuti orangtua, sebagai berikut:

1. Merebus peralatan makan dan menyusui

Salah satu cara tradisional yang biasa dilakukan untuk mensterilisasikan alat makan anak dan pompa ASI adalah merebusnya selama beberapa menit.

Pertama, siapkan panci dan isi dengan air, letakan peralatan makan atau menyusui yang akan digunakan.

Agar semua bagian peralatan tersebut bebas dari bakteri atau kuman, pastikan bagian yang akan direbus tertutupi air. Rebus peralatan selama beberapa menit, tutup panci. Ambil peralatan makan bayi yang perlu digunakan.

2. Menggunakan uap

Sterilisasi menggunakan uap dapat dilakukan dengan mudah. Teknik ini menggunakan alat khusus dan lebih praktis. Ini karena biasanya tidak memerlukan waktu lama dan peralatan yang banyak.

3 dari 3 halaman

Produk Pembersih Bayi

3. Produk Pembersih Bayi

Ada juga berbagai macam produk pembersih bayi dapat dimanfaatkan orangtua untuk mensterilisasi peralatan makan dan menyusui si kecil. 

Philips AVENT, bagian dari Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHI), pemimpin global dalam teknologi kesehatan serta solusi perawatan ibu dan anak turut mendukung higienitas peralatan makan dan menyusui.

Deskripsi terperinci mengenai penggunaan dan pemeliharaan produk, seperti cairan pembersih peralatan makan bayi Sleek Baby disediakan dengan jelas.

“Kami ingin meyakinkan pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi mereka dan memastikan anak selalu terlindungi dari risiko infeksi peralatan makan dan menyusui yang tidak higienis. Yang pasti tidak melulu soal menggunakan produk yang baik, tetapi juga memastikan produk tersebut bersih dan higienis," kata Pim Pressman, Presiden Direktur Philips Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.