Sukses

Tak Hanya Wajah, Jerawat Bisa Tumbuh di Area Intim

Jerawat tidak hanya muncul di wajah tetapi juga bisa muncul di area genital wanita.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat muncul di wajah atau punggung itu biasa. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa jerawat juga bisa hadir di area intim wanita.

Jerawat yang tumbuh di sekitar area intim wanita disebut jerawat vulva. Kondisi ini terjadi karena bulu-bulu kemaluan yang tumbuh ke dalam atau iritasi. Wanita yang sering berolahraga lebih rentan terhadap kondisi ini.

"Berkeringat berlebih dikombinasikan dengan produksi sebum yang berlebih dan pakaian olahraga yang ketat dapat menimbulkan jerawat,” kata Catherine Goodstein, MD, dokter kebidanan dan kandungan asal New York City, Amerika Serikat seperti dikutip Glamour.

Menurut Sherry A. Ross, MD, pakar kesehatan wanita dan penulis panduan untuk kesehatan intim wanita, area intim juga membutuhkan perhatian agar terjaga kebersihannya. Sehingga terhindar dari jerawat. 

Untuk membantu meringankan rasa sakit dan menghilangkan jerawat vulva, Goodstein merekomendasikan untuk menaruh kompres hangat di area tersebut.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegah

• Hindari pakaian ketat yang bisa menyebabkan gesekan.

• Pilih pakaian dalam yang terbuat dari katun.

• Cobalah untuk tidak terlalu sering menyentuh jerawat.

• Hindari penggunaan air yang sangat panas saat mandi.

• Tanyakan kepada dokter Anda pembalut mana yang aman untuk digunakan.

 

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.