Cek Fakta Kesehatan: Makan Durian Saat Perut Kosong Bahayakan Lambung?

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 11 Jan 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 08:13 WIB
Durian

Liputan6.com, Jakarta Musim durian nampaknya sudah tiba. Di pinggir-pinggir jalan kini berjejer penjual buah dengan kulit berduri ini. Namun, beberapa orang mengatakan menyantap buah berdaging putih atau kuning itu bisa membahayakan lambung apabila dimakan dalam keadaan perut kosong.

Benar begitu?

Health-Liputan6.com menanyakan hal ini kepada akademisi dan praktisi klinis dokter Ari Fahrial Syam. Dia mengatakan bahwa hal itu tergantung dari kondisi kesehatan lambung orang tersebut.

"Kalau memang pasien sedang serangan akut, lagi sakit mag-nya kambuh, begah, itu memang tidak dianjurkan makan duren," kata Ari ditemui di Gedung IMERI FKUI Jakarta Pusat pada Jumat (10/1/2020).

Ari mengatakan, buah durian memang mengandung gas. Sehingga, tidak direkomendasikan pada orang-orang dengan kondisi tertentu. Namun, apabila orang tersebut memiliki kondisi lambung yang tenang, boleh-boleh saja menyantap buah dengan aroma khas nan tajam ini. 

"Tapi tetap tidak boleh berlebihan. Karena tetap durian mengandung gas. Tapi kalau orangnya tenang dan baik tapi kalau makan berlebihan, memicu gasnya bisa juga jadi makin kambuh," kata pria yang juga Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo ini. 

 

2 of 4

Makan Durian Berlebihan Bisa Kena Serangan Jantung

Durian
Buah Durian. (Taveesak Srisomthavil/Shutterstock)

Ari mengatakan tidak ada makanan atau minuman tertentu yang harus disertakan ketika makan durian agar tubuh terhindar dari masalah. Namun, hindari mengonsumsi durian secara berlebihan. Lalu, hindari juga mengonsumsi buah ini dengan makanan lain tinggi kalori.

"Durian itu kan kalorinya tinggi. Jadi, ada pasien-pasien yang mengalami stroke, serangan jantung, setelah makan durian banyak," kata Ari.

Menurutnya, hal ini bisa terjadi ketika seseorang makan durian berlebihan, lalu mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam waktu singkat.

"Beban jantung jadi keras untuk bekerja, dalam kalori yang masuk tersebut. Akhirnya ya tadi, peningkatan jalur gula darah tinggi naik, bisa serangan jantung. Itu yang bahaya dari makan durian berlebihan," kata Ari menambahkan.

 

3 of 4

Buah Lain yang Perlu Diwaspadai Pasien Lambung

Nangka
Ilustrasi/copyright pixabay.com/DEZALB

Tidak hanya durian saja. Beberapa buah yang juga sebaiknya diwaspadai bagi mereka yang punya masalah lambung adalah nanas dan nangka.

"(Buah) Yang lain sebenarnya relatif aman, kecuali kalau jeruk atau mangga yang asam," saran pria yang juga Dekan FKUI ini.

 

4 of 4

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓