Sukses

Akibat Pop Corn Terselip di Gusi, Pria Ini Sampai Bedah Jantung

Ketika ada suatu hal yang menyelip di gusi Anda, jangan pernah sembarangan untuk mencongkelnya jika Anda tidak ingin seperti pria asal Inggris yang satu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Adam Martin, seorang pria 41 tahun asal Inggris mengalami hal buruk setelah memakan popcorn di rumahnya saat menonton film. Dia harus menjalani operasi jantung terbuka hanya karena kulit popcorn yang terselip di gusinya.

Adam merasa kesulitan untuk mengambil kulit popcorn yang terselip di gusinya. Dia pun berusaha mengambilnya dengan berbagai peralatan rumah tangga, seperti tusuk gigi, tutup pena, sepotong kawat, hingga paku logam.

Laporan oleh Cornwall Live seperti yang dilansir dari Live Science pada Senin, 13 Januari 2020, setelah itu Martin menderita sakit gigi tapi dia mengabaikannya. Tak lama, dia mengalami gejala seperti flu, sakit kepala, keringat di malam hari, dan kelelahan. Gejala tersebut yang akhirnya membuatnya untuk pergi ke dokter.

Tak disangka ternyata dia didiagnosis menderita penyakit murmur jantung. Yang kemudian berubah menjadi blood blister (darah yang melepuh) di jari kakinya, sesuatu yang bisa menjadi tanda Endokarditis (sebuah infeksi pada lapisan dalam jantung). Infeksi itu telah merusak katup jantungnya.

"Hati saya tidak berfungsi dengan baik lagi. Infeksi itu telah membuat katup jantungku hancur," kata Adam.

Adam juga mengakui meyodok gusi dengan alat-alat yang tidak seharusnya digunakan dapat menyebabkan infeksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Endokarditis

Dilansir dari Mayo Clinic, endokarditis terjadi ketika bakteri masuk ke aliran darah dan menyebar ke jantung. Salah satu cara bakteri masuk ke aliran darah yaitu dengan melalui aktivitas oral yang menyebabkan gusi menjadi berdarah.

Biasanya, sistem kekebalan tubuh akan menghancurkan bakteri berbahaya yang akan masuk ke aliran darah. Jika bakteri masuk ke jantung, mereka akan mungkin melewati tanpa menyebabkan infeksi. namun, bakteri yang hidup di mulut, tenggorokan, atau bagian tubuh lainnya, terkadang dapat menyebabkan infeksi serius seperti endokarditis.

Bakteri, jamur, atau kuman lain yang dapat menyebabkan endokarditis bisa masuk ke aliran darah melalui aktivitas oral yang menyebabkan gusi berdarah, melalui infeksi atau kondisi medis lainnya, melalui kateter, dan jarum yang digunakan untuk tato dan tindik.

Endokarditis dapat berkembang secara perlahan atau datang secara tiba-tiba. Itu tergantung pada kuman apa yang menyebabkan infeksi dan apakah Anda memiliki masalah jantung yang mendasarinya. Gejala endokarditis pada tiap orang berbeda-beda.

 

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.