Sukses

Berat Badan Turun, Konsumsi Ini untuk Kontrol Nafsu Makan

Terdapat beberapa makanan tertentu yang dapat mengontrol nafsu makan Anda, di antaranya adalah alpukat, apel, dan kacang-kacangan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, pastinya Anda akan mengonsumsi makanan yang salah satu fungsinya untuk mengekang nafsu makan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Bahkan terdapat makanan tertentu yang dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah selesai makan. Berikut ini adalah makanan sehat yang dapat mengontrol nafsu makan Anda:

1. Alpukat

Buah ini memiliki lemak tak jenuh tunggal yang sehat sehingga membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk dicerna. Oleh karena itu, alpukat dapat membantu Anda menekan nafsu makan. Anda dapat mengonsumsi buah ini dengan berbagai olahan, seperti salad, sandwich, smoothie, dan dikonsumsi secara langsung. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Fox News.

2. Air

Meskipun melewati sistem pencernaan dengan cukup cepat, air tetap bisa membantu mengurangi nafsu makan Anda. Minum segelas air sebelum makan dapat membantu mengisi perut Anda untuk sementara waktu dan memudahkan Anda untuk mengatur porsi makan.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Apel

Seperti yang dilansir dari Health, serat merupakan bagian penting dalam pilihan makanan untuk diet sehat. Serat yang terkandung di dalam Apel dapat membantu Anda kenyang lebih lama, membantu sistem pencernaan, dan dapat mengontrol gula darah.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan telah menjadi makanan kaya protein yang dikemas juga dalam serat, antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Kacang-kacangan juga dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan.

3 dari 3 halaman

5. Telur

Penelitian dari University of Missouri di Columbia, Amerika Serikat menunjukkan bahwa makan sarapan 300 kalori terdiri dari 30 hingga 39 gram protein, seperti telur dan sosis akan mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang antara sarapan dan makan siang.

6. Bubuk Cabai

Penelitian terbaru dari Maastricht University di Belanda, menunjukkan bahwa menambahkan bubuk cabai pada makanan Anda dapat mengendalikan nafsu makan Anda. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, menemukan bahwa menambahkan 1/4 sendok teh bubuk cabai ke setiap makanan akan meningkatkan rasa kenyang.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.