Sukses

6 Keuntungan dari Konsumsi Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang memiliki popularitas tinggi di tengah masyarakat karena mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Berasal dari tumbuhan menjalar, mentimun biasa dijadikan sebagai pelengkap makanan, seperti lalapan, salad sayuran, dan acar. Dengan rasanya yang menyegarkan, mentimun memiliki banyak penggemar.

Mentimun mempunyai kadar air yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan yang cocok untuk manajemen berat badan Anda. Selain itu, mentimun juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti:

1. Menghidrasi

Seperti yang dilansir dari Medical News Today, mentimun memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat mencegah Anda dehidrasi dalam menjalankan aktivitas pada cuaca yang panas atau setelah berolahraga.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K yang terkandung dalam mentimun dapat membantu pembekuan darah dan mendukung kesehatan tulang. Vitamin K dan nutrisi lainnya, seperti vitamin D juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan sangat penting untuk kesehatan tulang.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mencegah Kanker

Menurut sebuah artikel dalam International Journal of Health Service, cucurbitacin, nutrisi dalam mentimun, dapat membantu mencegah kanker dengan menghentikan sel kanker agat tak bereproduksi.

Tentunya kulit mentimun juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh Anda yang berfungsi untuk membantu melindungi tubuh terhadap kanker kolorektal, jenis kanker yang tumbuh pada usus besar.

4. Mencegah Penyakit Jantung

The American Heart Association (AHA) mencatat bahwa serat dapat membantu mengelola kolesterol dan mencegah masalah kardiovaskular, penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Cucurbitacin dalam mentimun juga dapat membantu mencegah aterosklerosis, radang pada pembuluh darah.

3 dari 3 halaman

5. Mencegah Diabetes

Mentimun dapat berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes karena mentimun mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan peningkatan glukosa darah terlalu tinggi.

Sebuah teori mengatakan bahwa cucurbitacin dalam mentimun dapat membantu pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati, hormon utama dalam pemrosesan gula darah. The American Heart Association (AHA) juga menyatakan bahwa serat dalam mentimun dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.

6. Meringankan Rasa Sakit

Tanin dan flavonoid, yang merupakan zat anti-inflamasi dalam mentimun, telah terbukti dapat membatasi pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit. Journal of Young Pharmacists menjelaskan bahwa secara tradisional mentimun digunakan untuk sakit kepala. Mentimun juga dapa digunakan sebagai nutrisi dalam produk kecantikan anti-jerawat. Hal ini seperti yang dilansir dari Huffpost.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.