Sukses

Dapatkan Manfaat Menakjubkan dengan Mengonsumsi Alpukat

Mengonsumsi buah-buahan, seperti alpukat, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan mempunyai kandungan nutrisi yang banyak dan tekstur dagingnya yang tebal,membuat alpukat menjadi buah-buahan yang nikmat untuk dikonsumsi dan memiliki banyak penggemar. Selain itu, alasan buah tropis ini digemari banyak orang karena memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Selain berkhasiat untuk kesehatan rubuh, alpukat juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Tidak hanya dengan dikonsumsi secara langsung, manfaat alpukat bagi rambut juga dapat diperoleh dengan menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang tepat dan menutrisi seperti shampo dan kondisioner dari PANTENE Gold Series Smooth and Sleek.

Shampo dan kondisioner PANTENE Gold Series Smooth and Sleek memiliki formula dengan kandungan vitamin B7 yang diperkaya antioksidan dan pro-vitamin. Perpaduan ini menjadikan PANTENE Gold Series Smooth and Sleek tidak hanya dapat menutrisi rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, tetapi juga dapat mengunci nutrisi di setiap helai rambut. Sehingga membantu  rambut menjadi sehat, kuat, fleksibel dan tidak mudah patah, serta lebat dengan kilau alami. Mau dapatkan rambut sehat impianmu? Yuk cobain PANTENE Gold Series Smooth and Sleek sekarang. Dapatkan di sini!

1. Meningkatkan Rasa Kenyang

Seperti yang dilansir dari dari Health, alpukat menyediakan sekitar 22 gram lemak tak jenuh sehingga secara signifikan untuk mengurangi rasa lapar hingga lima jam.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jenis lemak yang tepat sebenarnya adalah strategi penurunan berat badan yang cerdas. Selain meningkatakn rasa kenyang, lemak nabati yang terkandung dalam alpukat menyediakan aktioksidan dan melawan peradangan, yang keduanya dikaitkan dengan manajemen berat badan.

Oleh karena itu, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa seseorang yang biasa mengonsumsi alpukat memiliki berat badan dan pinggang yang lebih kecil, bahkan tanpa makan sedikit kalori pun.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Alpukat Sebagai Pemacu Nutrisi

Mengonsumsi alpukat dapat membantu Anda menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya. Dalam sebuah penelitian di Ohio, Amerika Serikat, ketika seseorang mengonsumsi alpukat diketahui dapat melawan kanker dan penyakit jantung.

Penelitian baru lainnya juga menemukan bahwa dengan memadukan alpukat dengan saus tomat dan wortel dapat meningkatkan penyerapan vitamin A pada sayuran yang merupakan nutrisi penting untuk kulit, penglihatan, dan kekebalan tubuh.

4. Mengurangi Risiko Pengembangan Degenerasi Makula

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin di mana dapat memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar ultraviolet. Menambahkan alpukat ke dalam pilihan makanan Anda dapat membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia. Hal ini sesuai yang dilansir dari Medical News Today.

3 dari 3 halaman

5. Pencegahan Osteoporosis

Setengah alpukat menyediakan sekitar 25% vitamin K harian yang direkomendasikan. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

6. Turunkan Risiko Depresi

Makanan yang mengandung folat dalam jumlah yang tinggi, seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko depresi. Kandungan dalam alpukat ini dapat membantu mencegah penumpukan homocysteine, suatu zat yang mengganggu sirkulasi pengiriman nutrisi ke otak.

Kelebihan homocysteine dapat mengganggu produksi dari serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.