Sukses

Selain Gangguan Pencernaan, Hal Ini Juga Dapat Menyebabkan Rasa Mual

Setiap orang pasti pernah merasa mual, namun apakah rasa mual tersebut akibat adanya gangguan pencernaan saja atau ada gangguan kesehatan lainnya?

Liputan6.com, Jakarta Rasa mual biasanya diikuti dengan rasa yang tak nyaman di dada, perut bagian atas, dan tenggorokan. Sebagian besar orang menganggap rasa mual sebagai tanda dari gangguan pencernaan yang tak memerlukan perawatan serius.

Sebenarnya, rasa mual juga menjadi tanda gangguan kesehatan secara fisik ataupun mental yang terjadi pada tubuh Anda. Berikut ini adalah hal tak terduga yang dapat mengakibatkan rasa mual menyerang tubuh Anda:

1. Anda Merasa Stres atau Cemas

Internis di The Ohio State University Wexner Medical Center, Amerika Serikat, Randy Wexler, MD, mengatakan bahwa meskipun stres adalah sebuah bentuk emosi Anda, tetapi stres dapat menyebabkan perubahan fisik pada tubuh, termasuk usus yang sensitif terhadap perasaan negatif.

Ketika Anda merasa stres atau cemas, otak akan mengirimkan sinyal ke saraf yang menyebabkan kontraksi tambahan sehingga membuat kekacauan ritme normal usus Anda dan membuat Anda merasa mual.

Internis di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California, Krinstine Arthur, MD, memberikan saran untuk mengatasi rasa mual, Anda dapat mengambil napas dalam-dalam agar merasa lebih tenang sehingga membantu untuk meredakan mual. Selain itu, Anda dapat meminum secanggir teh jahe atau mengunyah sepotong manisan jahe. Hal ini seperti yang dilansir dari Self.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Anda Dehidrasi

Rasa mual dapat memberitahu Anda bahwa tubuh membutuhkan air yang lebih banyak. Oleh karena itu, ketika Anda merasa haus, sesegaralah minum air. Jika Anda merasa dehidrasi yang parah, seperti kelelahan, pusing, atau kebingungan, pastikan mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

3. Obat-Obatan Tertentu

Menurut dr. Wexler, terdapat banyak obat-obatan bahkan suplemen kesehatan yang dijual bebas dapat membuat Anda merasa mual, seperti ibuprofen, acetaminophen, suplemen vitamin C, vitamin E, dan zat besi. Pastikan Anda memiliki makanan ringan sebelum mengonsumsi obat-obatan dan vitamin tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Infeksi Telinga

Jika Anda merasakan tekanan di telinga bersamaan dengan rasa mual, bisa jadi Anda menderita infeksi telinga. Ketika menderita infeksi telinga, otak Anda mendapat sinyal bahwa tekanan di telinga yang terinfeksi berbeda dengan tekanan di telinga yang sehat sehingga sinyal campuran itu membuat Anda merasa mual dan pusing.

"Biasanya, infeksi telinga menyebabkan sakit telinga, perasaan tekanan di telinga, perubahan pendengaran, hidung tersumbat, sakitk kepala, dan demam," kata dr. Arthur. Jika mengalami gejala tersebut, Anda dapat menemui tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

5. Sindrom Muntah Siklus

Seperti yang dilansir dari Health, sindrom ini lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi juga bisa saja terjadi pada orang dewasa. Sindrom ini menyebabkan serangan mual dan muntah yang berulang dan tiba-tiba tanpa adanya alasan yang jelas.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.