Sukses

Tips Melawan Kecemasan Sosial yang Berlebihan

Kecemasan sosial yang berlebihan merupakan gangguan kesehatan mental. Namun, Anda harus mencoba memaksakan diri untuk menghadapi kondisi yang membuat Anda cemas

Liputan6.com, Jakarta Perasaan cemas merupakan hal yang umum dimiliki oleh semua orang. Namun, perasaan yang cemas secara berlebihan bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dan mudah berkeringat.

Dengan mengidap gangguan kecemasan, Anda akan merasa sangat terganggu dalam menjalani kehidupan sehari-hari karena tak dapat bersosialisasi dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tips di bawah ini untuk mengatasi kecemasan berlebihan:

1. Jangan Menghindari Situasi yang Dapat Membuat Cemas

Seperti yang dilansir dari Childmild, para ahli sepakat bahwa menghindari situasi yang membuat cemas sebenarnya dapat memperburuk keadaan dalam jangka waktu yang panjang. Psikolog di Child Mind Institute, Amerika Serikat, Rachel Busman mengatakan bahwa keluar dai sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan mungkin akan membuat Anda merasa lebih baik saat ini.

2. Paksakan Diri Anda

Meskipun keluar dari zona nyaman Anda tidak mudah, hal itu dapat memberikan manfaat yang sangat baik kepada Anda. "Kemungkinan adalah hasil terburuk yang Anda takutkan tidak akan terjadi. Jika terjadi, bisa jadi Anda memiliki kemampuan untuk mengatasinya," kata dr. Busman.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Praktikkan

Sebagai percobaan, Anda dapat melakakukan sesuatu yang dapat membuat Anda gugup dan mulailah dari hal yang terkecil. Apa pun yang dilakukan, Anda dapat menyadri bahwa hal itu semakin mudah seiring berjalannya waktu. Dengan mempraktikkan hal-hal yang membuat Anda cemas dapat memperluas kemampuan Anda untuk menanganinya.

4. Yakinkan Diri Anda dengan Kalimat yang Menenangkan

Berdasarkan lansiran dari Huffpost, ahli terapi klinis di Chicago, Amerika Serikat, Bill Koch menyarankan untuk meyakinkan diri dengan membaca kalimat yang menenangkan. "Setiap kali Anda merasa cemas, ulangi kata atau frasa yang menenangkan sebagai pengingat bahwa kecemasan hanyalah perasaan yang diciptakan oleh pikiran sendiri," kata Koch. Kata atau frasa tersebut dapat diucapkan secara cepat, seperti "Mudah, mudah, mudah," "Tidak ada yang peduli," atau "Bukan masalah yang besar".

3 dari 3 halaman

5. Bakar Adrenalin Terlebih Dahulu

Psikoterapis di California, Amerika Serikat, Annie Wright, menyarankan untuk melepaskan stres sebanyak mungkin sebelum berjuang melawan kecemasan sosial Anda. "Anda dapat membantu sistem saraf Anda menjadi lebih teratur ketika melawan kecemasan Anda jika membakar adrenalin yang ada di tubuh Anda," kata Wright.

6. Bersantai

Anda juga dapat melakukan relaksasi seperti yoga dan berolahraga. Sebisa mungkin Anda mengurangi minum soda dan kopi karena kafein dapat membuat seseorang cemas. Jika telah mencoba semua itu, namun tetap merasakan cemas yang tak terkendali, Anda dapat meminta bantuan dengan mulai berbicara dengan orangtua mengenai kecemasan Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.