Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Cara Agar Tak Insecure Dalam Menjalani Hubungan

Oleh Liputan6.com pada 04 Jan 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 04 Jan 2020, 21:00 WIB
Ini 5 Mitos yang Sering Bikin Tidak Percaya Diri Saat Puasa
Perbesar
Wajah Lesu / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Insecure merupakan perasaan ketidaknyamanan seseorang terhadap segala sesuatu. Hal ini juga dapat terjadi dalam menjalani suatu hubungan jika memang Anda merasa insecure.

Tentunya, Anda tak ingin rasa insecure terus-menerus mengikuti kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah cara agar Anda tidak merasa insecure terutama dalam menjalani suatu hubungan:

1. Bangun Harga Diri Anda

Seperti yang dilansir dari Psychology Today, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang merasa tidak aman dalam hubungan cenderung memiliki harga diri yang lebih buruk. Merasa senang terhadap diri Anda sendiri akan menguntungkan bagi hubungan tersebut. Anda benar-benar dapat merasakan kesejahteraan dan kepercayaan diri sehingga menarik pasangan agar lebih dekat dengan Anda.

Membangun harga diri tak sulit. Anda dapat membangun rasa percaya diri dengan pengalaman. Selain itu, Anda harus melatih diri untuk fokus pada aspek-aspek diri yang Anda sukai bukan yang tak disukai.

2. Jaga Kemandirian Anda

Menjadi seseorang yang mandiri dapat membuat Anda menjadi pasangan yang lebih menarik. Anda dapat menjaga kemandirian finansial dengan memiliki tujuan peningkatan diri dalam hubungan Anda.

3. Percaya Pada Diri Sendiri

Sebenarnya, kunci untuk menghilangkan rasa insecure dalam menjalani suatu hubungan adalah dengan percaya diri. Percaya diri dalam hal apa pun, baik dalam kehidupan diri sendiri maupun dalam hubungan Anda dan pasangan.

4. Komunikasi yang Baik

Meskipun terdapat masalah yang menekan hubungan Anda, percayalah bahwa masalah tersebut akan membangun kekuatan hubungan Anda bersama pasangan dalam jangka waktu yang panjang.

Menanggapi masalah tanpa rasa takut akan membantu Anda tumbuh lebih dekat dengan pasangan. Anda dapat memberi tahu kepada pasangan mengenai apa pun yang Anda rasakan dan pikirkan. Hal ini sesuai dengan yang dilansirkan Lifehack.

5. Cari Tahu Penyebab Utama Dari Rasa Insecure Anda

Berdasarkan yang dilansir dari Cosmopolitan, pikirkan apa yang menyebakan Anda merasa insecure dalam menjalani hubungan tersebut. Apa pun penyebabnya, Anda dapat mendapatkan manfaat dari hubungan tersebut jika Anda mengetahui penyebab insecure dan Anda dapat menghadapinya secara langsung.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓