Sukses

Selain ISPA, Ini Penyakit yang Kerap Muncul di Musim Hujan

Supaya terhindar dari penyakit musim hujan lebih baik tingkatkan daya tahan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) jadi keluhan penyakit paling sering di musim hujan seperti saat ini. Selain itu ada beberapa penyakit lainnya yang kerap 'langganan' hadir di musim hujan ini.

"Penyakit langganan lainnya saat musim hujan ialah diare, penyakit kulit, hingga tuberculosis atau TB. Cacar air, kulit gatal-gatal juga menjadi penyakit yang sering terjadi," kata dokter Sumiati Yusup, Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur.

Supaya tidak terserang penyakit musim hujan tersebut, Sumiati menyarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat. Pertama untuk tidak sarapan dengan konsumsi karbohidrat, ganti dengan buah dan sayuran.

"Jadi, makan karbonya siang saja. Biasanya saya campur salad buah potong. Karena saat makan buah siangnya masih kenyang, jadi karbonya makan sedikit. Untuk malam, tetap makan karbo sedikit dan buah," tambahnya.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Minum Kopi

Untuk menghangatkan badan bisa makan sup. Sebaiknya hindari minum kopi. "Untuk stamina kuat ada baiknya minum wedang bukan kopi," ungkapnya.

Dan jangan lupa untuk mengonsumis vitamin. Untuk menambah daya tahan tubuh di musim hujan, apalagi bagi sahabat Fimela yang merasa kurang nutrisi.

"Vitamin sesuai kondisi kita. Kalau kebanyakan juga tidak baik untuk ginjal," tandasnya.

Reporter: Anisha Saktian Putri/Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.