Sukses

Cara Hilangkan Lemak Wajah

Lemak wajah dapat dihilangkan dengan menerapkan pola hidup seperti ini

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kebanyakan kasus, memiliki lemak wajah adalah hasil dari kelebihan lemak di seluruh tubuh. Melakukan perubahan gaya hidup tertentu dapat membantu seseorang menurunkan berat badan dan mencapai wajah yang tampak lebih ramping.

Cara terbaik untuk mencegah dan mengurangi lemak wajah adalah dengan mempertahankan berat badan yang sehat. Orang-orang dapat mencapai ini dengan mengubah pola makan, berolahraga secara teratur, dan tidur dengan jumlah waktu yang tepat.

Namun, ada beberapa tips efektif untuk mengurangi lemak wajah, seperti yang dilansir dalam laman Medical News Today.

1. Kardio

Penurunan berat badan secara umum cenderung memiliki efek pelangsingan pada wajah.

Orang dapat melakukan latihan kardio pada intensitas rendah, sedang, atau tinggi. Menurut beberapa penelitian, melakukan latihan kardio intensitas tinggi beberapa kali per minggu membantu membakar lebih banyak lemak.

Sebuah studi tahun 2015 menyelidiki efek dari jumlah latihan yang berbeda pada lemak tubuh wanita pascamenopause. Semua peserta mengambil bagian dalam latihan intensitas sedang hingga tinggi selama 12 bulan. Mereka yang berolahraga selama 300 menit setiap minggu membakar lebih banyak lemak daripada mereka yang melakukan latihan selama 150 menit per minggu.

Meskipun penelitian ini tidak mengukur kehilangan lemak wajah secara langsung, mereka menunjukkan bahwa latihan kardio sangat efektif untuk membakar lemak.

Secara keseluruhan, penurunan berat badan secara umum cenderung memiliki efek pelangsingan pada wajah.

 

 

Simak Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Olahraga Wajah

Sebuah artikel tahun 2014 dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research mengatakan bahwa melakukan latihan wajah dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot-otot wajah.

Walaupun tidak ada penelitian yang melihat hubungan antara latihan wajah dan kehilangan lemak wajah, olahraga wajah dapat membantu wajah tampak lebih kencang karena seseorang kehilangan berat badan.

3. Kurangi Konsumsi Alkohol

Asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat mendorong tubuh untuk menahan air. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan retensi air di wajah, yang dapat membuat wajah tampak kembung dan bengkak.

Alkohol juga dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan karena kandungan kalori kosong, yang tidak memberikan manfaat nutrisi. Mengkonsumsi kalori kosong juga dapat meningkatkan total asupan kalori harian seseorang, serta meningkatkan berat badan.

Orang yang sedang berjuang untuk menghilangkan lemak wajah atau berat badannya secara umum harus mempertimbangkan pengurangan konsumsi alkohol mereka.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Minum Air

Minum segelas air sebelum makan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi seseorang. 

Oleh karena itu, minum air sebelum makan dapat menyebabkan penurunan berat badan secara bertahap.

Menurut ulasan tahun 2016 tentang hydration and weight loss, mengonsumsi air dapat membuat lipolisis, terjadi ketika tubuh memecah simpanan lemak menjadi asam lemak yang dapat digunakan sebagai energi. 

Memanfaatkan simpanan lemak ini adalah kunci untuk menurunkan berat badan.

5. Tidur Lebih Banyak

Memiliki jumlah tidur yang tepat dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Menurut National Sleep Foundation (NSF), kurang tidur memengaruhi kadar hormon tertentu yang memicu perasaan lapar dan kenyang. Secara khusus, kurang tidur tampaknya meningkatkan kadar hormon ghrelin -- yang merangsang nafsu makan, serta menurunkan kadar hormon leptin -- yang memberi tahu tubuh bahwa sudah saatnya berhenti.

Tidur yang cukup dapat membantu mencegah penambahan berat badan, sehingga dapat pula membantu mengurangi jumlah lemak yang tersimpan di wajah.

 

4 dari 4 halaman

6. Pola Makan

Makanan olahan cenderung mengandung lebih banyak kalori, garam, dan gula daripada makanan utuh. Karbohidrat olahan adalah sekelompok makanan olahan berbahan dasar gandum. Selama pemrosesan, makanan ini kehilangan serat dan nutrisi. Akibatnya, mereka tinggi kalori kosong.

Karbohidrat olahan juga menyebabkan lonjakan cepat dalam gula darah, yang dapat mendorong seseorang untuk makan berlebihan.

Dalam kebanyakan kasus, orang dapat menemukan pengganti yang masuk akal untuk makanan yang terlalu diproses. Seseorang dapat mengurangi asupan kalori mereka dan meningkatkan jumlah nutrisi yang mereka konsumsi dengan makan makanan segar.

Ketika dikombinasikan dengan olahraga, diet sehat dapat membantu orang kehilangan kelebihan lemak di wajah dan tubuh.

7. Kurangi Penggunaan Garam

Makanan tinggi garam menyebabkan tubuh menahan air. Retensi air menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Menyiapkan makanan dan camilan di rumah memberi kontrol lebih besar atas jumlah garam dalam makanan mereka. 

 

Penulis : Lorenza Ferary

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.