Sukses

Resep Minuman Jahe Geprek, Cegah Korban Banjir Kena Hipotermia

Hanya bermodalkan bahan-bahan yang ada di dapur, berikut resep membuat ramuan mencegah hipotermia.

Liputan6.com, Jakarta Saat hujan turun atau banjir melanda paling nikmat menyantap makanan atau minuman hangat. Bagi Anda yang terdampak banjir atau kedingingan saat hujan mengguyur akhir-akhir ini, bisa menghangatkan tubuh dengan ramuan jahe geprek untuk mencegah hipotermia.

Hanya bermodalkan bahan-bahan yang ada di dapur, berikut resep membuat ramuan mencegah hipotermia seperti dikutip akun Instagram @kemenkes_ri.

Cara:

1. Didihkan 1 liter air

2. Masukkan dua ruas jahe yang sudah dicuci bersih lalu geprek

3. Masukkan 1 ruas kayu manis

4. Tambahkan 5 butir kapulaga

5. Lalu, masukkan 3 kembang lawang dan cengkeh

6. Beri gula merah secukupnya (perhatikan raktaran gula untuk pasien diabetes)Minuman ini bakal ampuh menghangatkan tubuh saat hujan turun di luar.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Orang Meninggal karena Hipotermia

Banjir yang melanda beberapa wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Jumat, 3 Januari 2020 pukul 09.00 WIB banjir ini menyebabkan 43 orang meninggal dunia, tiga diantaranya meninggal karena hipotermia.

Berada di tempat dingin, mengenakan pakaian basah terlalu lama, berada di dalam air dalam waktu lama bisa menyebabkan hipotermia seperti dikutip Klikdokter.

Hipotermia merupakan suatu kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35 derajat Celsius. Fungsi sistem saraf dan organ tubuh mengalami gangguan. Bila kondisi ini tidak ditangani bisa menyebabkan aneka masalah mulai dari gagal jantung, gangguan sistep pernapasan hingga kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hipotermia merupakan suatu kondisi di mana suhu tubuh turun secara drastis dan dapat membahayakan orang yang mengalaminya.

    hipotermia

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Jahe