Resep Minuman Jahe Geprek, Cegah Korban Banjir Kena Hipotermia

Oleh Benedikta Desideria pada 03 Jan 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 17:15 WIB
Jahe

Liputan6.com, Jakarta Saat hujan turun atau banjir melanda paling nikmat menyantap makanan atau minuman hangat. Bagi Anda yang terdampak banjir atau kedingingan saat hujan mengguyur akhir-akhir ini, bisa menghangatkan tubuh dengan ramuan jahe geprek untuk mencegah hipotermia.

Hanya bermodalkan bahan-bahan yang ada di dapur, berikut resep membuat ramuan mencegah hipotermia seperti dikutip akun Instagram @kemenkes_ri.

Cara:

1. Didihkan 1 liter air

2. Masukkan dua ruas jahe yang sudah dicuci bersih lalu geprek

3. Masukkan 1 ruas kayu manis

4. Tambahkan 5 butir kapulaga

5. Lalu, masukkan 3 kembang lawang dan cengkeh

6. Beri gula merah secukupnya (perhatikan raktaran gula untuk pasien diabetes)Minuman ini bakal ampuh menghangatkan tubuh saat hujan turun di luar.

 

2 dari 3 halaman

3 Orang Meninggal karena Hipotermia

Banjir Mulai Surut, Jalan Penghubung Jakarta-Tangerang Sudah Bisa Dilintasi
Seorang nenek digendong saat melintasi banjir yang menggenangi Jalan KH Hasyim Ashari, Tangerang, Banten, Kamis (2/1/2020). Banjir yang menggenangi jalan penghubung Jakarta- Tangerang tersebut mulai surut dan sudah bisa dilintasi pejalan kaki. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Banjir yang melanda beberapa wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Jumat, 3 Januari 2020 pukul 09.00 WIB banjir ini menyebabkan 43 orang meninggal dunia, tiga diantaranya meninggal karena hipotermia.

Berada di tempat dingin, mengenakan pakaian basah terlalu lama, berada di dalam air dalam waktu lama bisa menyebabkan hipotermia seperti dikutip Klikdokter.

Hipotermia merupakan suatu kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35 derajat Celsius. Fungsi sistem saraf dan organ tubuh mengalami gangguan. Bila kondisi ini tidak ditangani bisa menyebabkan aneka masalah mulai dari gagal jantung, gangguan sistep pernapasan hingga kematian.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓