Sukses

Begadang di Malam Tahun Baru 2020, Lakukan Hal Ini Besok agar Tetap Fit

Begadang demi rayakan malam Tahun Baru 2020, Anda tetap bisa fit keesokan hari dengan lakukan hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Begadang untuk merayakan Malam Tahun Baru 2020 boleh saja. Sebuah kesempatan unik menyaksikan kemeriahan pergantian tahun. Namun, bila Anda ingin sepenuhnya menikmati malam Tahun Baru dengan tubuh tetap fit keesokan harinya, ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Menurut ahli gizi Gülçin Ergazi, setelah bangun tidur pagi harinya usai begadang malam Tahun Baru, Anda harus segera mengonsumsi makan ringan dulu dan minum banyak air putih.

"Kita kemungkinan besar bakal lelah setelah begadang sampai larut, bahkan dini hari rayakan Tahun Baru. Paginya, makanan kecil dan ringan akan menjadi kunci mengawali hari. Sebaiknya, berjalan-jalan ringan sejenak setidaknya satu jam di udara segar," katanya, dikutip dari Daily Sabah, Selasa (31/12/2019).

"Jika mungkin, Anda bisa minum teh herbal dan makan buah-buahan. Misal, kiwi dan nanas untuk menyingkirkan retensi air atau cairan--kondisi dimana terjadi pembengkakan pada mata, tangan, kaki atau di bagian tubuh mana saja. Hindari dulu makanan berlemak dan bergula. Pastikan minum banyak air putih."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah Makan Berlebihan

Ergazi melanjutkan, kesalahan terbesar yang dilakukan orang pada 31 Desember atau jelang malam pergantian tahun adalah sepanjang hari menunda makan apa pun. Kemudian banyak makan saat malam harinya.

"Ketika kita (sangat) lapar, makan berlebihan bisa dialami. Tentunya, dimanja pada momen Malam Tahun Baru," lanjutnya.

Untuk mencegah makan berlebih di malam Tahun Baru 2020, sandwich kecil adalah pilihan yang baik di makan siang hari. Hal ini menjaga kadar gula darah turun sekaligus energi tetap terkendali.

Bagi para pecinta daging, cobalah menjauhi daging yang digoreng dan berminyak pada Malam Tahun Baru. Selain itu, perhatikan saat memakan kue Tahun Baru. 

"Terutama kue yang mengandung banyak krim dan gula tinggi. Itu ibarat 'bom' kalori. Makanlah dalam jumlah sedang. Untuk hidangan penutup, puding susu jadi pilihan baik di malam Tahun Baru," saran Ergazi.

3 dari 3 halaman

Tidur yang Cukup

Jadwal tidur, lanjut Ergazi, yang cukup dan jam kerja yang cukup. Sebagian besar orang mungkin akan bangun tidur telat dan makan lebih lambat dari biasanya setelah merayakan Malam Tahun Baru.

"Tidur berlebihan dan berusaha menebus hilangnya jam tidur karena begadang di malam Tahun Baru juga berbahaya bagi kesehatan. Akibatnya, metabolisme kita melambat dan tingkat energi berkurang. Tetap tidur dengan cukup," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.