Sukses

Di Tengah Operasi, Pasien Kanker Rumania Terbakar Hidup-Hidup

Pasien kanker ini terbakar hidup-hidup ketika sedang menjalani operasi karena reaksi alkohol dan pisau bedah elektrik

Liputan6.com, Jakarta Seorang pasien kanker di Rumania terbakar hidup-hidup ketika tengah melakukan operasi. Ini terjadi ketika dokter menggunakan disinfektan beralkohol yang bereaksi dengan pisau bedah listrik.

Dilansir dari New York Post pada Selasa (31/12/2019), wanita 66 tahun itu dikabarkan mengalami kanker pankreas. Pada 22 Desember lalu, dia menjalani operasi di sebuah rumah sakit di Bucharest.

Namun, para dokter menggunakan pisau bedah elektrik yang bersentuhan dengan alkohol. Reaksi itu menyebabkan tubuhnya terbakar hingga 40 persen.

Kepolisian setempat mengumumkan bahwa pasien meninggal dunia seminggu setelah operasi yang gagal itu. Mereka pun sedang melakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Penyelidikan

Kejadian ini mendapatkan perhatian dari Menteri Kesehatan Rumania, Victor Costache. Dia juga menyatakan akan menyelidiki kasus ini hingga menemukan kebenarannya.

"Kami berharap bisa belajar dari kejadian yang meresahkan ini," kata Costache.

Sementara, Wakil Menkes Horatiu Moldovan menambahkan bahwa para ahli bedah harusnya sadar bahwa desinfektan beralkohol tidak boleh digunakan bersama dengan pisau bedah elektrik selama proses operasi.

Pihak keluarga pasien mengatakan kepada media bahwa pihak rumah sakit hanya memberitahu bahwa sebuah kecelakaan terjadi. Namun, mereka tidak pernah menjelaskan lebih lanjut soal situasi tersebut.

"Kami menemukan beberapa detil dari pers, ketika mereka disiarkan di stasiun televisi," kata pihak keluarga.

"Kami tidak membuat tuduhan, kami hanya ingin memahami apa yang terjadi," tambah mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.