Sukses

Keuntungan Pacaran Belasan Tahun Sebelum Menikah Seperti Isyana dan Rayhan

Mereka yang sudah menjalin hubungan percintaan lama, seperti Isyana dan Rayhan, lebih mengenal satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta Pertunangan Isyana Sarasvati dengan Rayhan Maditra pada 29 Desember 2019 mengejutkan banyak pihak karena selama ini tak terendus ke publik kisah asmara mereka. Satu lagi yang mengagetkan sejoli ini sudah berpacaran 12 tahun.

"Hari ini sudah berkumpul semua orang yang kita cintai untuk ikut menjadi saksi dari cinta yang sudah berjalan 12 tahun lamanya," kata Rayhan dalam video pendek pertunangan mereka yang diunggah di Instagram Isyana Sarasvati.

Menjalin hubungan percintaan belasan tahun seperti Isyana dan Rayhan tentu bukan waktu yang sebentar. Sejak masih duduk di bangku sekolah hingga saat ini mereka bekerja di bidang masing-masing.

Lalu apa keuntungan menjalin hubungan lama?

Mereka yang sudah menjalin hubungan percintaan lama lebih mengenal satu sama lain.

"Kan lebih sering menghabiskan waktu bersama, ngobrol, sering berinteraksi. Sehingga mengenal pasangannya itu seperti apa sih, karakter dan sifatnya seperti apa sih," tutur psikolog klinis dewasa Rena Masri dihubungi Senin (30/12/2019).

Sudah mengenal luar dalam juga membuat pasangan jadi tahu 'celah' saat muncul permasalahan. Misalnya pasangan sudah mulai berbicara dengan nada tinggi maka sudah sebaiknya diam atau membahas hal ringan.

"Jadi, sudah tahu apa yang harus dilakukan apabila pasangan marah atau kesal," katanya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Mengenal Keluarganya

Di Indonesia, saat seseorang menjalin hubungan pacaran maka berhubungan juga dengan keluarganya. Dengan durasi pacaran yang lama biasanya sudah belajar mengenal keluarga inti dan besar pasangan.

"Karakter orangtuanya seperti apa, bagaimana soal cara mengambil hati keluarga besar atau orangtuanya," kata Rena.

Keuntungan menjalin pacaran dalam waktu lama yakni bisa melihat kembali (review) hubungan sudah berjalan. Apakah hubungan tersebut sudah membahagiakan diri dan pasangan serta yakin dengan pasangan.

"Ya karena pacarannya lama jadi bisa punya banyak waktu untuk memikirkan ulang hubungan," kata wanita yang mengambil profesi psikologi di Universitas Indonesia ini.

Keuntungan lainnya adalah memiliki banyak waktu untuk melakukan perencanaan bersama tentang kehidupan sesudah pernikahan sejak saat pacaran. Seperti cara mendidik anak hingga mengatur keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.