Sukses

Awet Muda dengan Mengonsumsi Brokoli

Sayuran hijau, seperti brokoli dapat mendukung seseorang yang obesitas untuk melakukan program penurunan berat badan agar lebih ideal.

Liputan6.com, Jakarta Brokoli merupakan sayuran hijau yang termasuk dalam kubis-kubisan. Tak hanya rasanya yang enak, sayuran berwarna hijau ini juga mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Dengan cara pengolahan yang baik dan benar, Anda dapat merasakan langsung manfaat dari mengonsumsi brokoli. Berikut ini adalah manfaat brokoli untuk mendukung kesehatan tubuh Anda:

1. Kaya Akan Serat

Seperti yang dilansir dari Health, dengan mengonsumsi brokoli mentah per cangkir, Anda mendapatkan 2 sampai dengan 3 gram serat untuk mendukung kesehatan pencernaan yang baik dan memberikan makan bakteri baik dalam usus yang terkait dengan antiperadangan, kekebalan, dan suasana hati. Dengan ukuran yang sama pula, brokoli mengandung lebih dari dua ons air. Kombinasi serat dan air tersebut, meningkatkan perasaan kenyang sehingga mendukung manajemen berat badan dan mendukung pengaturan gula darah serta insulin agar energi stabil dan merata.

2. Membantu Mencegah Kanker

Brokoli mengandung senyawa alami yang dikaitkan dengan pencegahan kanker karena dapat menetralkan karsinogen, zat yang menyebabkan penyakit kanker, serta mencegah sel kanker tumbuh dan menyebar.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Melindungi Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian pada pria ataupun wanita. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi brokoli Anda dapat mengurangi kerusakan pada arteri yang mengarah pada pengerasan yang sering kali menjadi awal dari serangan jantung.

4. Menjaga Tulang Agar Tetap Sehat

Brokoli memiliki kandungan beberapa nutrisi penting untuk pembentukan tulang dan pencegahan kehilangan kepadatan tulang. Selain itu, kandungan nutrisi pada brokoli dapat bersinergi untuk meningkatkan massa tulang dan kekuatan tulang. Kandungan nutrisi tersebut, di antaranya vitamin K, kalium, Magnesium, fosfor, kalsium, tembaga, besi, seng, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

3 dari 3 halaman

5. Tampak Lebih Muda

Jika Anda mengonsumsi brokoli mentah dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari serta polusi, mengurangi keriput, dan meningkatkan keseluruhan tektur kulit.

Vitamin C pada brokoli berperan penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung utama bagi kulit. Vitamin A dan E pada brokoli juga berperan penting untuk kulit agar tampak sehat. Hal ini sesuai dengan yang dilansir dari Medical News Today.

6. Memberikan Perlindungan dari Penyakit Kronis

Menurut Department of Internal Medicine and Nutritional Sciences Program di University of Kentucky, Amerika Serikat, asupan serat yang tinggi dikaitkan dengan risiko yang secara signifikan lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu. Peningkatan asupan serat juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.