Sukses

Sederet Keuntungan Makan Kimchi, Sehatkan Pencernaan hingga Turunkan Berat Badan

Kimchi, makanan fermentasi asal Korea ini punya seabrek manfaat baik bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar drama Korea maupun K-Pop pasti sudah tidak asing dengan kimchi. Makanan khas Negeri Ginseng kini juga mudah ditemukan di restoran-restoran Korea yang ada di Indonesia.Kimchi terbuat dari kubis yang telah mengalami proses fermentasi. Rasa dari sayuran ini biasanya cukup asam dengan sedikit pedas.

Kimchi ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan yang tak bisa disepelekan. Dilansir dari Womens Health, berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi makanan ini.

1. Sehatkan pencernaan

"Sama seperti sayur dan makanan fermentasi lain, kimchi kaya dengan kandungan probiotik," terang pakar diet asal New York, Samantha Cassetty.

Kandungan bakteri sehat ini berhubungan dengan sejumlah manfaat kesehatan terutama bagi pencernaan. Mengonsumsi kimchi bisa meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam perut.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat yang diberikan kimchi terhadap organ pencernaan bisa membuatnya bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Ketika kondisi pencernaan cukup sehat, sistem kekebalan tubuh jadi mampu untuk berfungsi secara optimal.

 

3. Turunkan kadar kolesterol

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kimchi cenderung memiliki tingkat kolesterol rendah yang rendah. Sejumlah kandungan yang terdapat di dalam kimchi diduga memiliki peran terhadap manfaat ini.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat baik kimchi bagi kadar kolesterol membuatnya juga baik untuk kesehatan jantung dengan cara meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

"Antioksidan membantu menstabilkan sel rusak yang bisa bisa mempercepat proses penyakit. Oleh karena itu, memiliki status antioksidan yang tinggi bisa melindungimu dari kondisi kronis seperti penyakit jantung," jelas Cassetty.

5. Atasi peradangan

Peradangan berlebihan atau kronis bisa berdampak serius pada tubuh seiring waktu. Kandungan probiotik pada kimchi bisa memiliki dampak anti peradangan pada tubuh sehingga bisa mencegah munculnya masalah kesehatan lebih lanjut.

Saksikan juga video menarik berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Jaga Kesehatan Otak

Salah satu dampak lain dari usus dan perut yang sehat adalah kerja otak yang lebih baik. Ketika sistem pencernaan bekerja dengan baik, komunikasi yang dilakukannya terhadap otak juga menjadi lebih baik dan berdampak positif pada kesehatan.

7. Bantu turunkan berat badan

Kimchi memiliki rasa yang lezat dan juga kandungan rendah kalori sehingga mengonsumsinya bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.