Sukses

4 Tips Andalan Cegah Berat Badan Naik Saat Liburan

Berat badan gampang meningkat saat liburan tapi ada beberapa trik untuk mencegahnya.

Liputan6.com, Jakarta Akhir tahun dimanfaatkan banyak orang untuk berlibur bersama teman, pasangan atau keluarga. Aturan makan serta jadwal olahraga biasanya sudah lupa saat liburan. Tak heran, usai liburan banyak yang membawa 'oleh-oleh' berupa kenaikan berat badan.

Bagi Anda yang tak ingin berat badan naik usai liburan kali ini, berikut saran pakar kebugaran James Corssley agar berat badan stabil seperti dikutip Hello Magazine, Minggu (28/1/2019).

1. Perhatikan pilihan makanan

Wisata kuliner biasanya jadi ajang wajib ketika mengunjungi suatu wilayah. Memilih satu makanan yang tidak sehat tidak masalah tapi jangan ketiga waktu makan memilih yang tidak sehat.

Ingat juga mengonsumsi buah dan sayuran selama liburan. Selain menjaga daya tahan tubuh, kedua asupan makanan ini membuat perut kenyang lebih lama.

"Pastikan juga makan banyak sayuran dan buah selama liburan. Hindari dressing atau saus menggoda di salad buah atau sayuran, karena bisa membuat perubahan signifikan dalam tubuh," kata Crossley.

2. Tetap aktif

Tidak perlu sampai ke gym hotel, melainkan aktif bergerak selama liburan. Misalnya, pagi atau sore hari lari di tepi pantai atau bukit dekat Anda menginap. Jika tidak, sempatkan berenang sekitar 15 menit.

Crossley sendiri menyarankan untuk berolahraga di pagi hari. "Olahraga sebentar di pagi hari sebelum sarapan bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda," katanya.

Saksikan juga video menarik berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cukup tidur

Saat berada di tempat wisata kesukaan, rasa-rasanya 24 jam tidak cukup. Alhasil, sering pulang tengah malam lalu keesokan paginya bangun pagi agar bisa pergi ke banyak destinasi wisata. Namun, hal ini membuat Anda jadi kurang tidur.

"Tidur cukup itu penting untuk perbaikan, pertumbuhan, serta melawan stres," kata Crossley.

4. Tubuh terhidrasi

Entah ke pantai atau gunung atau kota, pastikan asupan cairan tidak kurang selama liburan. Ketika tubuh terhidrasi akan membuat badan terasa segar di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.