Sukses

Kenali, Tanda-Tanda Anak Kesepian

Salah satunya, anak mendadak banyak bicara ketika merasa kesepian. Apa anak Anda mengalami hal ini?

Liputan6.com, Jakarta Saat merasakan kesepian, anak tidak bisa mengungkapkannya kepada orangtua atau orang dewasa di sekitarnya. Namun, perubahan perilaku yang terjadi pada anak bisa dideteksi oleh orangtua.

Mulai dari mendadak banyak bicara hingga tak percaya diri, berikut tanda anak merasa kesepian.

1. Banyak bicara

Salah satu tanda umum jika anak kesepian adalah ia banyak bicara karena merasa membutuhkan interaksi sosial agar bisa mengalihkan perhatiannya dari rasa kesepian. Sikap seperti ini seringkali membuat orang di sekitarnya lelah, sehingga ia akan semakin dijauhi.

2. Cari perhatian

Cara anak mencari perhatian ketika kesepian bisa dengan berbagai cara. Bisa jadi positif atau justru negatif dengan cara marah atau merusak barang. Seringkali sikap rewel juga bisa menjadi cara anak mencari perhatian dari orangtuacom

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Punya Teman Khayalan

Anak-anak memang punya imajinasi tinggi, namun jangan biarkan ketika anak mulai membuat teman khayalannya sendiri dan menarik diri atau menolak melakukan interaksi sosial nyata dengan teman-teman sebayanya.

4. Mengganggu

Anak kesepian akan berusaha mendapatkan perhatian dengan cara mengganggu orangtua atau orang di sekitarnya. Entah itu dengan banyak bertanya, menyela pembicaraan orang lain, atau membangkang kata-kata orang dewasa.

5. Minder

Anak kesepian yang memutuskan menarik diri biasanya akan mengalami rasa kurang percaya diri sehingga ia akan semakin sulit bersosialisasi dengan anak-anak sebayanya dan merasa ketakutan tanpa alasan.

Penulis: Febi Anindya Kirana/ Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.