Sukses

Universitas di India Ini Buka Kelas untuk Mengobati Kesurupan?

Benarkah sebuah universitas di India membuka kelas untuk mengobati kesurupan?

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya di Indonesia, masih banyak masyarakat di India yang menganggap bahwa kesurupan disebabkan karena makhluk halus. Namun pada beberapa kasus, kejadian tersebut bisa menjadi pertanda adanya gangguan mental.

Maka dari itu, sebuah universitas di India mengungkapkan bahwa mereka akan mengadakan kelas untuk mempelajari lebih lanjut soal "kesurupan." Yang dimaksud di sini adalah pelajaran psikoterapi atau Bhoot Vidya.

Kelas bersertifikat tersebut diadakan oleh Banaras Hindu University (BHU) di bawah fakultas Ayurveda (sebuah ilmu kesehatan dari India). Para dokter akan diajarkan untuk menangani gangguan psikosomatis yang banyak dianggap karena makhluk halus.

"Unit terpisah Bhoot Vidya telah dibuat di fakultas Ayurveda untuk memberikan pendidikan formal kepada dokter tentang cabang ini," kata Yamini Bhushan Tripathi, dekan dari fakultas Ayuverda seperti dikutip dari Hindustan Times pada Sabtu (27/12/2019).

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesalahan Informasi

Namun, hal ini tampaknya disalahpahami oleh beberapa media. Beberapa memberitakan bahwa fakultas tersebut akan memberikan kursus untuk mengobati kesurupan.

Hal ini terjadi ketika Tripathi mengatakan bahwa kelas ini akan mengajarkan "pengobatan Ayurvedic untuk mengobati penyakit terkait hantu."

Diketahui ini sesungguhnya adalah kesalahan informasi. Bukan berarti kelas tersebut akan mengajarkan para dokter untuk mengobati kesurupan.

Dikutip dari Newsweek, "bhoot" memang bisa diartikan sebagai "hantu." Namun, dalam ilmu Ayurvedic, kata tersebut bisa diartikan sebagai apapun yang cukup kecil sehingga tidak terlihat.

"Bhoot Vidya umumnya berurusan dengan gangguan psikosomatis, penyakit yang disebabkan oleh alasan yang tidak diketahui dan penyakit pikiran atau kondisi psikis," kata Tripathi.

Sehingga, kelas ini sesungguhnya akan memberikan kursus untuk mengatasi gangguan mental, termasuk pada kasus yang tidak diketahui penyebabnya dan banyak dianggap disebabkan oleh makhluk halus seperti kesurupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.