Sukses

Ini 3 Posisi Tepat Saat Menyusui

Perhatikan tiga posisi tepat saat menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Menyusui merupakan hal yang alami dilakukan ibu pada anak. Namun, bagi ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati proses menyusui untuk pertama kali tidak mudah.

Peneliti dari Ikatan Alumni Magister Kedokteran Kerja (ILUNI MKK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ray Wagiu Basrowi berbagi cara posisi yang tepat saat menyusui berikut ini:

Pertama, posisi ibu harus ergonomis, ibu wajib bersender agar otot punggung rileks dan dapat mengeluarkan ASI (Air Susu Ibu) dengan lancar.

Kedua, saat melakukan laktasi, disarankan untuk tidak di tempat yang terlalu terang, karena dapat menyebabkan pengalihan kepada ibu.

Ketiga, saat melakukan laktasi juga tidak disarankan sambil berbicara, karena dapat menurunkan konsentrasi sehingga tidak dapat mengeluarkan asi yang maksimal.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat untuk Ibu

Pemberian ASI ke buah hati juga memberikan keuntungan bagi ibu. Mulai dari menurunnya risiko penyakit jantung.

“Menurut penelitian, ibu yang memberikan ASI eksklusif juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan keganasan di kemudian hari. Jadi, saat laktasi keluar, dapat membuat ibu menjadi lebih rileks,” ujarnya.

 

 

Penulis: Michelle Rachel Evangelista Maramis/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.