Sukses

Sibuk Bekerja dan Mengurus Anak, Ini 6 Cara Ibu Menikmati Hidup

Dengan segala kesibukan, seorang ibu juga tak boleh melupakan untuk memerhatikan diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi ibu bekerja memang tidak mudah. Apalagi yang tinggal di perkotaan dengan waktu lama dihabiskan di jalan. Lalu, sesampainya di rumah bakal dihabiskan bersama anak dan mengurus rumah tangga. 

Dengan segala kesibukan, seorang ibu juga tak boleh melupakan untuk memerhatikan diri sendiri. Berikut ini adalah cara untuk dapat memanjakan diri Anda di tengah sibuk bekerja dan merawat keluarga:

1. Perhatikan makanan

Seperti yang dilansir dari Family Education, makanan memengaruhi suasana hati dan produktivitas. Ketika menjalani kehidupan yang sibuk, Anda harus memerhatikan apa yang dikonsumsi. Apa yang dikonsumsi akan memberikan energi.

Namun, batasi asupan gula dan membawa makanan sendiri untuk bekerja sehingga membantu mengontrol kualitas dan kuantitas makanan.

2. Tetap aktif bergerak

Menggerakkan tubuh Anda setiap hati penting untuk menjaga energi berkualitas baik di tubuh. Mungkin sulit meluangkan waktu untuk berolahraga tetapi mencoba melakukan sesuatu yang menyenangkan dapat Anda lakukan, seperti berjalan, menari, atau mengikuti kelas kebugaran.

3. Buat jadwal bersantai setiap Minggu

Sulit untuk memiliki energi jika Anda tidak pernah beristirahat. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk bersantai, pada akhirnya lebih mudah marah-marah. Salah satu tipsnya adalah menyisihkan uang untuk memanjakan diri beberapa jam di salah satu hari dalam sepekan. Hari Minggu rasa-rasanya pas. 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Cek Kesehatan Rutin

Berdasarkan yang dilansir dari Parents, jangan sampai membiarkan anak-anak Anda melewatkan pemeriksaan tahunan mereka. Salah satunya menjadwalkan pemeriksaan tahunan, melakukan tes yang sesuai, pemeriksaan penglihatan, dan pembersihan gigi tahunan.

5. Tidur berkualitas

"Penelitian menunjukan kurang tidur memiliki konsekuensi kesehatan yang merugikan. Orang yang sering tidur kurang dari enam jam mengalami peningkatan nafsu makan yang menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko depresi, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2," ujar Direktur UCLA Sleep Disorders Center, Amerika Serikat, Alon Y. Avidan, M.D., MPH.

6. Terhubung dengan diri sendiri 

Mencoba untuk tetap terhubung dengan hasrat batin yang akan membuat Anda merasa hidup dan bahagia. Anda dapat melakukan mediasi sejenak setelah bangun tidur.

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.