Sukses

Suka Cita Natal, Sehat Raga Juga Mental

Stres dapat dihindari saat Natal maupun menjelang Natal 2019

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan mental yang baik merupakan kondisi di mana Anda merasa berada dalam keadaan yang tenang. Namun, kesehatan mental bisa saja mengganggu Anda kapan saja dengan berbagai penyebabnya.

Gangguan kesehatan mental seperti stres bisa saja terjadi menjelang Perayaan Natal. Tentunya, Anda tak ingin stres tersebut terus mengacaukan kebahagian bersama keluarga. Berikut ini adalah cara terbaik untuk memperbaiki kesehatan mental Anda saat Natal:

1. Berbagi Cerita Mengenai Perasaan Anda

Seperti yang dilansir dari Huffpost, menceritakan perasaaan Anda kepada keluarga, teman, atau konselor terlatih merupakan langkah pertama menjadikan segala sesuatu menjadi lebih baik.

Pemimpin digital senior untuk Mental Health Foundation, Amerika Serikat, Stuart Hill, mengatakan bahwa berbicara mengenai perasaan Anda dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda lebih mudah untuk menghadapi masa-masa sulit.

2. Beristirahat Dari Media Sosial

Jika Anda berpikir bahwa media sosial merupakan salah satu penyebab stres maka Anda dapat beristirahat sejenak dari kehidupan dunia maya tersebut. "Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil jeda dari teknologi dan menyisihkan waktu setiap hari untuk melakukan hal lain yang Anda sukai, seperti membaca buku atau menonton film," kata kepala informasi Mind, Stephen Buckley.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perawatan Diri

Setelah mengalami gangguan pada kesehatan mental, Anda bisa saja merasa bersalah karena tidak meluangkan waktu untuk melakukan perawatan diri Anda sendiri. Pakar kecemasan di Calmer You mengatakan bahwa Anda perlu menjadwalkan dan memastikan bahwa perawatan diri menjadi prioritas Anda.

4. Makan dan Minum dengan Baik

Stuart Hill mengatakan bahwa ketika terlalu banyak gula, Anda akan mendapatkan efek pada kesehatan mental dan kesejahteraan Anda dalam jangka waktu yang pendek ataupun panjang.

"Beberapa orang menegak minuman dengan kadar gula yang tinggi untuk mengatasi rasa takut dan kesepian, tetappi efeknya hanya bersifat sementara. Anda harus mengetahui batasan untuk menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 3 halaman

5. Meminta Bantuan

Jika merasa kewalahan dengan stres yang sedang dialami dan belum menemukan solusinya dalam beberapa minggu, Anda dapat meminta bantuan kepada keluarga, teman, atau orang terdekat lainnya. Hal itu sesuai dengan lansiran dari Mental Health Foundation.

6. Terimalah Siapa Diri Anda

Beberapa orang menunjukkan gaya hidupnya, seperti menyediakan makanan, minuman, dan hadiah yang banyak, serta menyelenggarakan pesta Natal yang meriah sehingga Anda merasa sangat berbeda dari mereka. Agar stres tidak mengikuti Anda selama Natal, sebaiknya terima diri Anda apa adanya.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.