Sukses

Hindari Hal Ini Agar Tak Stres Saat Natal

Natal merupakan momen bahagia yang seharusnya menjauhkan Anda dari stres

Liputan6.com, Jakarta Stres dapat terjadi kepada siapa pun dan kapan pun, begitu juga saat merayakan hari Natal. Tentu saja, Anda tak ingin stres melanda sehingga mengganggu kebahagiaan bersama keluarga.

Namun, Anda harus memerhatikan gejala-gejala stres yang mungkin saja akan terjadi saat malam Natal. Berikut ini yang biasanya menjadi penyebab stres menjelang hari Natal tiba:

1. Masalah Keluarga

Seperti yang dilansir dari Medical News today, saat menjelang hari Natal, tetapi di dekat Anda terdapat masalah keluarga itu akan menjadi masa yang sulit bagi Anda untuk dapat menikmati hari Natal bersama keluarga. Mencoba mengajak mereka makan malam dan memberikan hadiah bisa jadi akan menciptakan senyuman di wajah mereka.

2. Pengeluaran Berlebihan

Sangat sulit untuk menghindari pengeluaran saat Natal. Pengeluaran untuk hadiah, makanan, dan minuman menjadi hal yang harus ada dalam perayaan Natal. Sebaiknya menetapkan anggaran yang masuk akal yang menurut Anda dapat dipertahankan untuk menghidari pengeluaran yang boros.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Merasa Kesepian dan Kehilangan

Untuk mengatasi penyebab stres yang satu ini, Anda perlu merencanakan untuk melakukan suatu hal, seperti bergabung dalam suatu grup, memulai hobi baru, atau menjadi sukarelawan. Dengan ini, Anda dapat mencari orang yang bisa jadi sedang mengalami hal yang sama. Mereka akan mengerti masalah yang sedang Anda alami dan mungkin saja mereka akan memberikan saran terbaiknya untuk Anda.

4. Berekspetasi

Sebelum perayaan Natal dimulai bersikaplah realistis, hilangkan ekspetasi Anda mengenai keluarga yang harmonis, berpakaian yang bagus, pohon Natal yang besar, dan api unggun yang menderu. Kesejahteraan mental bisa sangat terpukul jika kenyataannya tidak sesuai dengan gagasan Anda sebelumnya. Jika Anda memiliki harapan yang realistis, tentu akan lebih senang dengan kenyataannya nanti.

3 dari 3 halaman

5. Beban Pekerjaan yang Banyak

Meskipun menyenangkan untuk memikirkan semua persiapan Natal, tetapi Anda masih saja memikirkan pekerjaan di kantor yang menumpuk sehingga mengharuskan Anda menanggung beban dan berusaha menyelesaikannya. Hal itu dapat menyebabkan risiko stres yang lebih besar. Penyataan tersebut sesuai yang dilansir dari Well Being People.

6. Lingkungan

Lingkungan juga dapat memengaruhi stres menjelang perayaan Natal yang disebabkan berkurangnya cahaya matahari dan perubahan suhu udara menjadi lebih dingin. Hal itu berdampak negatif pada suasana hati dan kesehatan mental Anda. Seasonal Affective Disorder (SAD), depresi musim dingin, adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahunnya

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.