Sukses

Cek Fakta Kesehatan: Sakit Pinggang Tanda Ginjal Bermasalah?

Saat seseorang mengeluhkan sakit pinggang, biasanya dihubungkan dengan masalah pada ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Saat seseorang mengeluhkan sakit pinggang, biasanya dihubungkan dengan masalah pada ginjal. 'Wah, ginjalnya bermasalah tuh,' begitu kata sebagian orang ketika mendengar keluhan sakit pinggang dari teman atau saudara.

Health-Liputan6.com beberapa waktu lalu sempat mendapatkan penjelasan terkait sakit pinggang dan masalah ginjal. Ternyata, tidak semua penyakit ginjal ditandai dengan gejala sakit pinggang seperti disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) Tunggul Situmorang.

"Orang sakit pinggang terus katanya itu berarti sakit ginjal, mitos saja," kata Tunggul dalam acara Gerakan Peduli Hipertensi beberapa waktu lalu.

"Malah banyak yang sakit ginjal yang sama sekali tidak sakit pinggang," tambahnya lagi.

Meski begitu, pada orang dengan penyakit batu ginjal memang biasanya mengeluhkan sakit pada bagian pinggang. Penyakit ginjal yang satu ini, kata Tunggul, merupakan penyakit yang paling mudah disembuhkan secara total dibandingkan masalah ginjal lainnya.

"Di luar itu, penyakit ginjal itu sangat kompleks, bisa berawal karena hipertensi atau diabetes," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ginjal, Si Buah Pinggang

Secara fisiologis, ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi membersihkan aliran darah dengan bekerja sebagai filter untuk mengeluarkan air dan produk sisa dari tubuh.

Mengenai lokasi ginjal memang dekat dengan pinggang.

"Letaknya di pinggang, ada dua, bentuknya seperti kacang buncis. Jadi sering disebut buah pinggang," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini