Catat, 6 Langkah Liburan Jauh dari Bayang-Bayang Pekerjaan

Oleh Liputan6com pada 24 Des 2019, 11:00 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 11:15 WIB
Traveling Liburan Jalan-Jalan

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mengaku liburan tapi masih sesekali bekerja. Padahal, saat seseorang libur seharusnya memang benar-benar jauh dari pekerjaan. 

Anda tetap bisa liburan untuk menyegarkan pikiran Anda tanpa memikirkan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Berikut ini adalah cara agar Anda dapat berlibur tanpa memikirkan pekerjaan:

1. Memberitahu Rencana Berlibur Anda Kepada Atasan dan Rekan Kerja

Seperti yang dilansir dari Time, mempersiapkan diri untuk pergi berlibur dari penatnya pekerjaan Anda di kantor merupakan faktor yang penting. Oleh karena itu, para ahli mendorong untuk meminta izin kepada atasan dan memberitahu rekan kerja Anda sebelum liburan. Hal itu dapat membantu Anda menghilangkan kekhawatiran terhadap pekerjaan Anda di kantor.

2. Liburan di Alam Bebas

Menurut studi 2014 yang diterbitkan Frontiers in Psychology, alam memiliki kekuatan luar biasa untuk bersantai. Orang yang berlibur ke pantai atau gunung atau alam bebas mengaku memiliki kepuasan hidup secara keseluruhan dibandingkan dengan mereka yang merasa kurang bersentuhan dengan alam bebas.

The American Heart Association juga merekomendasikan untuk menghabiskan waktu di luar ruangan untuk mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

2 dari 4 halaman

3. Spontanitas Merencanakan Liburan

Spontanitas adalah salah satu faktor utama bagi kebahagiaan seseorang saat berlibur. Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion in Psychology menemukan bahwa lebih banyak orang menikmati liburan yang spontan daripada direncanakan.

"Mengemas jadwal liburan Anda terlalu rapi malah membuat Anda kecewa dan lelah," kata profesor psikologi di James Madison University, Amerika Serikat, Jaime Kurtz.

Dengan mengikuti arus yang akan terjadi begitu saja dapat membuat liburan Anda menjadi unik dan mendapatkan pengalaman yang baru.

4. Buat Pikiran Anda Rileks Selama Perjalanan Berlibur

Berdasarkan lansiran dari The Muse, cobalah menambahkan aktivitas yang mendukung mental Anda juga, seperti mendengarkan lagu atau membaca sesuatu yang ringan.

 

3 dari 4 halaman

5. Berikan Otak Anda Masalah yang Berbeda Untuk Dipecahkan

Selain Hacker, 5 Pekerjaan Bidang IT Ini Paling Dicari Perusahaan
Ilustrasi pekerjaan

Jika pikiran Anda masih berputar setelah meninggalkan kantor dan hendak berlibur, salurkan energi tersebut ke sesuatu yang lain. Jika Anda masih memikirkan pekerjaan Anda di kantor, tanyakan kepada rekan kerja Anda masalah apa yang harus dipecahkan, kemudian Anda akan memikirkannya saat kembali ke rumah setelah berlibur.

6. Jadwalkan Waktu Jika Terpaksa Harus Bekerja

Cara ini mungkin paling berguna jika Anda masih memikirkan pekerjaan kantor. Anda dapat mencoba dengan mengatakan seperti "Saya akan menanggapi email itu besok pagi sambil minum kopi dan saya tidak akan memikirkannya sampai saat itu."

Otak Anda hanya perlu tahu bahwa ada atau tidaknya waktu untuk memikirkan masalah pekerjaan.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓