Ketahui Riwayat Penyakit Keluarga, Tumbuhkan Kewaspadaan Dini

Oleh Liputan6com pada 24 Des 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 13:14 WIB
Ilustrasi Osteoporosis

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan merupakan kondisi di mana tubuh merasakan kesejahteraan baik secara fisik maupun mental. Tubuh yang sehat sangat penting untuk tetap dijaga agar Anda efektif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Kesehatan juga tak memandang usia. Bagi orang tua pun kesehatan tetap nomor satu karena genetika memainkan peran yang besar dalam kondisi kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu kebenaran mengenai riwayat penyakit dalam keluarga sehingga dapat mengidentifikasi risiko yang akan Anda dapatkan.

Setelah mengetahuinya, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk melindungi kesehatan sendiri dan keturunan Anda selanjutnya. Berikut ini adalah gangguan kesehatan yang mungkin terjadi kepada orangtua Anda:

1. Osteoporosis

Seperti yang dilansir dari The Healthy, orang tua rentan mengidap osteoporosis, di mana tulang menjadi lemah seiring bertambahnya usia. "Ada bukti yang kuat untuk peningkatan risiko osteoporosis jika ibu Anda mengidapnya," kata spesialis pengobatan keluarga dengan Orlando Health Physician Associates, Amerika Serikat, Todd Sontag, DO. Untuk mengurangi efek ini pastikan Anda mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D serta menjalani gaya hidup sehat.

2 dari 4 halaman

2. Keriput

Usia kulit pria dan wanita berbeda karena memiliki hormon yang berbeda juga, sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Dermato Endocrinology. "Kemampuan ibu Anda untuk memecah kolagen dan usia ketika kolagen telah rusak. Usia ketika ia mengalami kerutan akan diturunkan kepada Anda dan begitu juga pada pemecahan kolagen, apakah ia mendapatkan kerutan di sekitar matanya terlebih dahulu atau di sekitar mulutnya?" kata dokter kulit dan pencipta Visha Skin Care, Purvisha Patel, MD.

Dr. Patel juga menambahkan bahwa tabir surya harian dan serum antipenuaan dengan retinol, vitamin C, asam ferulic dan vitamin E dapat bekerja untuk melawan efek genetik ini.

3. Depresi

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa depresi didiagnosis dua kali lebih sering dialami para wanita dibandingkan dengan pria. "Aspek penting lain dalam studi gender menunjukkan bahwa wanita memiliki depresi yang lebih kronis daripada pria," kata psikolog dan penulis Living with Depresssion, Deborah Serani, PsyD.

Jika ibu Anda mengalami depresi, Anda harus berhati-hati dan memerhatikan gejala yang mungkin akan terjadi serta mendapatkan penanganan secepatnya. "Inilah sebabnya mengapa mengetahui riwayat penyakit keluarga Anda sangat penting. Anda dapat menjadi proaktif mengenai kesehatan Anda sendiri," tambah dr. Serani.

3 dari 4 halaman

4. Masalah Kesehatan Mata

Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO) di Amerika Serikat, wanita lebih cenderung mengidap glaukoma dan tunanetra. Selain itu, wanita juga dapat mengidap sindrom mata kering akibat menopause.

Jika orangtua Anda mengalami gangguan kesehatan mata, pastikan untuk meminta penanganan lebih lanjut kepada tenaga medis profesional. AAO juga menyarankan untuk tidak merokok dan mengubah gaya hidup Anda sehingga mengurangi risiko Anda untuk mengidap gangguan kesehatan mata.

5. Masalah Kesuburan

Berdasarkan yang dilansir dari The List, sangat penting untuk mengetahui sebanyak mungkin mengenai pengalaman ibu Anda dalam kesuburan, kehamilan, dan menopause. Jika Anda mengetahui bahwa ibu Anda mengalami menopause dini, Anda dapat mengambil tindakan untuk melakukan program kehamilan lebih awal.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓