Sukses

Kesulitan Berbicara Kepada Pasangan Dapat Dimulai dengan Melakukan Hal Ini

Jika mengalami kesulitan dalam berkomunikasi kepada pasangan dapat menerapkan cara ini

Liputan6.com, Jakarta Kesulitan berbicara mengenai perasaan masing-masing bersama pasangan menjadi salah satu penyebab kesalahpahaman. Sebagian pasangan menganggap bahwa berbicara mengenai perasaan masing-masing bukanlah hal utama dalam menjalankan suatu hubungan.

Namun, menurut penelitian, berbicara mengenai perasaan Anda merupakan cara terbaik bagi pasangan untuk menjaga hubungan yang sehat dan bahagia. Hal ini berdasarkan lansiran dari Psychology Today. Berikut ini cara agar bisa berkomunikasi dengan baik bersama pasangan:

1. Katakan "Apakah Anda punya waktu sebentar untuk bicara?"

Seperti yang dilansir dari Parents, bertanya terlebih dahulu adalah isyarat sederhana, namun kuat. Ini menandakan bahwa Anda meminta waktunya sebentar untuk berpartisipasi dalam percakapan yang berpotensi menantang dan bermanfaat.

2. Mulailah dengan Pujian

Sebelum Anda meminta apa pun, ingatkan diri Anda sendiri mengenai sesuatu yang sudah diberikan oleh pasangan Anda, misalnya "Saya sangat menghargai Anda mendengarkan saya dan membantu saya memikirkan masalah tersebut". Dengan memulai dengan sesuatu yang positif, pasangan Anda menciptakan emosi yang lebih aman sehingga menyebabkan lebih banyak mendengar dan terlibat dalam percakapan yang lebih produktif.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sampaikan Permintaan yang Anda Butuhkan

Meminta apa yang Anda butuhkan dengan melibatkan ungkapan perasaan, seperti kerinduan, harapan, atau keinginan. Dibutuhkan keberanian untuk mengungkapkan permintaan Anda karena pemahaman mereka sangat penting.

4. Berterima Kasih Kepada Pasangan Anda Atas Respons yang Mereka Berikan

Setiap kali Anda berterima kasih kepada pasangan, Anda mengakui bahwa dia membuat pilihan untuk menjadi responsif terhadap Anda. Berterimakasihlah pada mereka karena berusaha memberi apa yang Anda inginkan.

3 dari 3 halaman

5. Tanyakan Kepada Pasangan Anda

Sikap timbal balik melengkapi kebahagiaan hubungan Anda. Tanyakan apa yang mereka inginkan, kemudian ajak pasangan Anda untuk meminta sesuatu. Jika Anda tidak dapat memenuhi keinginannya segera, usaha bertanya seperti itu akan menjadi salah satu bentuk perhatian dalam hubungan Anda.

6. Dengarkan dengan Baik

Mengetahui bahwa perkataan Anda didengar dengan baik adalah salah satu pengalaman yang mungkin dapat memperkuat koneksi perasaan dengan pasangan. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda adalah dengan menggunakan teknik yang disebut "Mendengarkan Aktif". Teknik ini merupakan bentuk mendengarkan di mana Anda memahami apa yang pasangan Anda katakan, seperti senyuman dan kata-kata "Saya mengerti".

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.