Sukses

Sudah Pasang Ring, Risiko Serangan Jantung Bisa Terjadi jika...

Orang yang sudah pasang ring bisa berisiko kena serangan jantung karena hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang sudah pasang ring ternyata tetap berisiko mendapat serangan jantung di kemudian hari. Kondisi ini terjadi bila pasien tidak minum obat secara disiplin dan.

"Pola hidup yang tidak sehat juga menimbulkan risiko serangan jantung itu. Sangat penting setelah pasang ring jantung, pasien menjaga pola hidup sehat dengan baik," ujar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay dalam kiriman video kepada Health Liputan6.com, Kamis (19/12/2019).

Vito berpesan, jika punya kolesterol, maka sebaiknya ditangani. Begitu pula yang punya riwayat gula darah tinggi. 

"Anda juga harus bisa kendalikan gula darah tinggi. Perhatikan juga ukuran tubuh yang ideal. Lingkar pinggang untuk laki-laki di bawah 90 cm, sedangkan perempuan di bawah 50 cm," lanjut Vito.

"Kalau lebih dari ukuran itu sudah masuk obesitas. Ini termasuk faktor risiko serangan jantung juga. Lebih baik mencegah ya."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Minum Obat

Setelah pasang ring jantung, pasien juga harus disiplin minum obat. Obat-obatan akan membantu pasien menjalani aktivitas kembali normal. 

Obat pun mendukung fungsi kerja jantung dan mencegah serangan jantung berulang. Adapun jenis obat yang harus diminum pasien, yaitu obat pengencer darah agar terhindar terjadinya penggumpalan darah di pembuluh darah.

Obat kolesterol juga perlu diminum usai pasien pasang ring jantung. 

"Untuk mencegah timbulnya plak yang baru dan menjadi lebih berat. Obat kolesterol pun mencegah serangan jantung berulang kalau misalnya ada plak-plak lain setelah pasang ring," lanjut Vito, yang berpraktik di Siloam Hospital Lippo Village.

Dokter juga memberikan obat darah tinggi dan diabetes. Karena dua kondisi tersebut akan mempercepat kerusakan pembuluh darah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • ring jantung