Sukses

Adian Napitupulu Pasang 5 Ring Jantung, Cek Kondisi Orang yang Perlu Alat Itu

Politikus PDIP Adian Napitupulu sudah pasang lima ring jantung, cek kondisi orang apa saja yang membutuhkan alat tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu dikabarkan kolaps dalam penerbangan Jakarta-Palangkaraya terkait tugas DPR Komisi I. Dalam penerbangan, Adian merasa badannya lelah dan lemas.

Salah satu koleganya, yang juga politikus PDIP Eva Sundari Kusuma menyebut, Adian Napitupulu sudah pasang lima ring jantung dan perokok berat.

Menyoal ring jantung seperti yang terpasang pada tubuh Adian Napitupulu, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay menjelaskan, kapan seseorang yang harus menggunakan alat tersebut.

"Kenapa seseorang dipasang ring jantung? Ya, karena dia punya riwayat serangan jantung dan fungsi jantung melemah," jelas Vito melalui kiriman video kepada Health Liputan6.com, Kamis (19/12/2019).

"Dua kondisi itu membuat dia akan cepat lelah dan sesak napas. Pemasangan ring jantung yang dibantu obat-obatan agar keluhan tersebut tidak sering muncul. Tujuannya orang yang punya riwayat jantung bisa melakukan kegiatan sehari-hari."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melebarkan Pembuluh Darah

Ring jantung juga berperan melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Pembuluh darah mengalir ke otot jantung yang memberikan makanan nutrisi.

Aliran darah juga lancar dan fungsi jantung menjadi lebih baik. 

"Nanti, orang yang sudah pasang ring jantung bisa kembali bekerja, produktif, dan melakukan hal seperti biasanya. Tentu dengan batasan. Kalau dia melakukan olahraga ekstrem atau aktivitas berat, maka dia akan lebih cepat lelah. Ingat, ini berlaku orang yang punya fungsi jantung menurun," tambah Vito, yang berpraktik di Siloam Hospital Lippo Village.

"Bagaimana kalau orang yang ternyata setelah dicek jantung, ada masalah di pembuluh jantungnya. Dalam hal ini, fungsi jantung masih kuat, hanya ada penyempitan pembuluh darah di jantung, yang berisiko serangan jantung. Setelah ring dipasang, fungsi jantung tetap normal, aliran darah normal sehingga olahraga tetap bisa. Asalkan dia bukan seorang atlet."

3 dari 3 halaman

Beri Kelegaan Bernapas

Pemasangan ring jantung juga melegakan pernapasan pasien jantung. Sesak napas pada pasien akan berkurang.

"Ring jantung memberikan kelegaan terhadap pernapasan. Ini mengurangi keluhan (sesak napasnya). Tentunya, juga mengurangi risiko serangan jantung," Vito menerangkan. 

Proses pemasangan ring jantung menggunakan teknik bedah invasif, bukan operasi terbuka. Stent dimasukkan melalui pergelangan tangan atau paha, kemudian pipa kecil ditujukan hingga ke pangkal pembuluh darah koroner pada jantung.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.